Pimpin Sertijab Pangkoopsau I, KSAU: Jabatan Merupakan Amanah

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 05 Jan 2016 10:47 WIB
Sertijab Pangkoopsau I (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I (Pangkoopsau I). Marsekal Pertama TNI Yuyu Yutisna dilantik menggantikan Marsekal Muda TNI A Dwi Putranto.

Upacara serah terima jabatan dilakukan di Lapangan Upacara Makoopsau I, Jalan Kopatdara No 1, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2016).

Dalam amanatnya, menurut Marsekal Agus, sertijab ini dalam rangka regenerasi dan mempersiapkan langkah strategis di tubuh TNI AU.
Sertijab Pangkoopsau I (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
"Jabatan merupakan amanah dari bangsa karena membutuhkan tanggung jawab kepada bangsa dan negara. Sebagai komando pembinaan personel, Koopsau I jadi tumpuan profesionalisme TNI," kata Agus. Dia meminta agar Marsma Yuyu Yutisna bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Jabatan menuntut tanggung jawab. Jabatan memiliki nilai ibadah," sambungnya.

Sebelumnya, Marsma TNI Yuyu menjabat sebagai Staf Khusus KSAU. Sedangkan Marsda TNI A Dwi Putranto akan menempati pos baru sebagai Komandan Sekolah Staf dam Komando Angkatan Udara (Danseskoau).
Sertijab Pangkoopsau I (Foto: Yulida Medistiara/detikcom)
Marsda TNI Dwi sebelumnya menjabat Pangkoopsau I sejak tanggal 14 Agustus 2014 dengan masa tugas kurang lebih 1 tahun 7 bulan. Kebijakan dan idenya yang disumbangkan baik di bidang operasi, latihan, bidang latihan, bidang personel, logistik yang diharapkan dapat dilanjutkan oleh Yuyu.

Sementara itu Marsma TNI Yuyu bertekad akan meneruskan keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai Marsekal Dwi dalam mewujudkan TNI sebagai The First Class Air Force. (hri/hri)