Perempatan Kuningan Masih Macet, Flyover Baru Sepi Peminat

Niken Widya Yunita - detikNews
Selasa, 05 Jan 2016 10:11 WIB
Foto: Ahmad Masaul Khoiri
Jakarta - Dua hari setelah masuk kerja setelah libur Natal dan Tahun Baru, flyover sisi selatan Kuningan masih macet. Bahkan jalan layang non tol (JLNT) yang baru dibuka Rabu (30/12/2015) itu relatif tidak banyak 'menyedot' arus kendaraan.

Flyover yang baru dibuka pada Rabu pekan lalu itu diperuntukkan untuk menghubungkan kendaraan dari arah Cawang ke Semanggi. Para kendaraan yang melewati layang non-tol ini tak perlu lagi terjebak lampu merah Kuningan.


Namun yang terjadi, flyover ini belum begitu maksimal untuk dapat mengurai kemacetan di perempatan Kuningan. Seperti yang tampak Selasa (5/1/2016) pagi ini, banyak kendaraan dari arah Pancoran, yang memilih tidak melewati flyover karena memang hendak belok kanan menuju Jl Rasuna Said.
Aditya/detikcom


Akibatnya, macet di flyover Kuningan masih terjadi. Kepadatan sempat terurai ketika traffic light berwarna hijau, namun begitu merah, kepadatan terjadi lagi.

Flyover sisi selatan Kuningan itu dibuka oleh Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal dan Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Miyanto. Flyover dibangun sejak tahun 2014 dengan biaya sekitar Rp 137 miliar. Flyover tersebut memiliki panjang 581 meter dan lebar 9 meter. (nwy/fjp)