JLNT Kuningan Beroperasi, Macet di Jl Gatot Subroto Arah Semanggi Terurai

Mei Amelia R - detikNews
Senin, 04 Jan 2016 10:34 WIB
Flyover kuningan (Foto: Grandyos Zafna/detikFoto)
Jakarta - Flyover Kuningan sisi selatan resmi beroperasi sejak akhir Desember 2015 kemarin. Dengan beroperasinya jalan layang ini, kemacetan di Jl Gatot Subroto dari arah Cawang ke Semanggi pun terurai.

"Dari hasil pantauan di lapangan selama uji coba berjalan, ada perbedaan kinerja lalu lintas dan bangkitan serta tarikan lalu lintas, terutama arus lalu lintas yang datang dari arah timur ke barat di Jl Gatot Subroto (Cawang-Semanggi)," jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada detikcom, Senin (4/1/2016).

Baca juga: Flyover Kuningan Sisi Selatan Dibuka, Selamat Tinggal Macet!

Budiyanto mengatakan, dengan adanya flyover non tol tersebut, arus lalu lintas di simpang Kuningan menjadi lebih baik. Laju kendaraan pun menjadi lebih cepat dibanding sebelum ada flyover tersebut.

Menurut Budiyanto, adanya flyover tersebut juga mengurangi pelanggaran di simpang Kuningan.

"Yang mungkin tadinya nyerobot rambu, dengan adanya flyover tersebut setidaknya mengurangi pelanggaran. Di atas kan tidak ada lampu merah," lanjutnya.

Ruang lalu lintas dan angkutan jalan bisa lebih dimaksimalkan dengan adanya flyover tersebut. Selain itu, crossing kendaraan di simpang Kuningan pun berkurang.

"Flyover tersebut juga berpengaruh terhadap peningkatan daya tempuh kendaraan," tambahnya. (mei/hri)