Bola Cahaya Sempat Terlihat Terbang Lama di Kalideres Jakbar

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Minggu, 03 Jan 2016 19:35 WIB
Foto: T. Suminto (pembaca)
Jakarta - Penampakan bola cahaya saat malam pergantian tahun ternyata terjadi di beberapa tempat. Salah satu tempat penampakan bola cahaya adalah di wilayah Kalideres, Jakarta Barat.

Di Kalideres, bola cahaya berwarna merah menyala itu bahkan nampak terbang cukup lama, sekitar 15 menit. Seorang pembaca detikcom, T. Suminto sempat merekam penampakan bola cahaya itu dengan drone miliknya.

"Saat itu sekitar pukul 00:00 WIB saya menerbangkan drone memutari area perumahan Citra Garden untuk mengambil video kembang api yang dinyalakan oleh warga di sekitar lokasi. Saat drone mulai merekam, saya melihat ada dua bola cahaya yang terbang di arah barat daya," kata Suminto menceritakan detail kejadian penampakan bola cahaya, Minggu (3/1/2016).

Suminto awalnya tak berpikir macam-macam terkait penampakan dua bola cahaya yang terbang dengan ketinggian berbeda itu. Dia awalnya berpikir dua bola yang memancarkan sinar merah itu adalah kembang api atau lampion terbang.

"Dilihat dengan mata telanjang cukup jelas itu. Tapi saya awalnya berpikir mungkin itu kembang api atau lampion, tapi kalau kembang api kok nggak pecah-pecah," jelasnya.

Dua bola cahaya itu menurut Suminto bergerak sangat pelan. Saat pertama kali melihat, Suminto mengaku bola itu sudah terbang di langit, sehingga tidak diketahui dari mana asalnya.

"Saya sudah lima tahun di sini, baru kali itu melihat ada dua bola cahaya itu. Tapi kan saya awalnya nggak notice, jadi ya nggak sempat lihat sampai turun," urainya.

Suminto pun telah mengunggah hasil rekaman drone miliknya itu ke youtube https://www.youtube.com/watch?v=MKeVaMLiVeA. Dalam video yang diunggah, dua bola api mulai terekam di detik 0:56 sampai 1:48.

Dua bola berwarna merah menyala memang terlihat sangat mencolok di antara kilatan kembang api. Ukuran bola cahaya itu bila dilihat dari kejauhan memang terlihat kecil. Namun, dalam rekaman Suminto, kedua bola cahaya itu nampak hilang hampir bersamaan.

(Hbb/fdn)