DetikNews
Minggu 03 Januari 2016, 17:33 WIB

Menteri Desa Ikut Peringati 100 Hari Kematian Salim Kancil

Yakub Mulyono - detikNews
Menteri Desa Ikut Peringati 100 Hari Kematian Salim Kancil Marwan Jafar (Foto: Yakub Mulyono/detikcom)
Lumajang - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menghadiri acara peringatan 100 hari kematian aktivis lingkungan Salim Kancil.

Acara ini digelar di lokasi bekas tambang pasir ilegal di Pantai Watu Pecak, Desa Selok Awar-awar, Kecamatan Pasirian, Minggu (3/1/2016). Peringatan kematian Salim Kancil diisi dengan program penghijauan yaitu menanam 2 ribu bibit pohon cemara dan bakau.

Menteri Marwan bersama dengan Bupati Lumajang As'at Malik dan Ketua DPRD Jawa Timur Abdul Halim Iskandar ikut melakukan penanaman.

Menurut Marwan, meninggalnya Salim Kancil dan rusaknya ekosistem di Pantai Watu Pecak merupakan potret buruk dalam mengamankan potensi yang sumber daya alam yang dimiliki oleh Lumajang khususnya di Desa Selok Awar-awar.

"Ini dampak dari penambangan liar yakni ekosistem dan ekologi rusak. Tidak ada untungnya," katanya.

Dia berharap Pemda dan DPRD bertidnak tegas dalam penertiban penambangan liar. Sedangkan hhusus di Desa Selok Awar-awar, Marwan meminta agar lokasi tersebut dijadikan desa wisata berbasis pantai.

"Desa Selok Awar-awar memiliki potensi yang bagus, harus dikembangkan lebih jauh untuk kesejahteraan warga desa," ujarnya.

Penghijauan ini merupakan inisiatif warga setempat dengan dibantu puluhan aktivis lingkungan dari Lumajang dan luar kota yang juga ikut ambil bagian dalam aksi positif ini. Beberapa bulan sebelumnya ribuan bibit pohon yang sama juga telah ditanam.

Selain penghijauan, agenda lain yang dilakukan di hari yang sama yakni istighosa dan tahlil serta penebaran 100 ribu bibit ikan.



(fdn/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed