DetikNews
Minggu 03 Januari 2016, 08:38 WIB

Kepala Lapan: Pesawat UFO Itu Tidak Ada!

Danu Damarjati - detikNews
Kepala Lapan: Pesawat UFO Itu Tidak Ada! Pesawat USS Enterprise di Film Star Trek (Foto: Movie Pilot)
Jakarta - Pesawat makhluk luar angkasa alias benda terbang tak dikenal (UFO) menjadi bahasan usai ada penampakan bola menyala di langit Jakarta Utara. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bukan hanya menyatakan bahwa benda tadi malam itu bukanlah pesawat UFO, namun dia juga menyatakan secara umum pesawat UFO itu tidak eksis.

"Kesimpulannya, pesawat UFO itu tidak ada," kata Kepala Lapan Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Minggu (3/1/2015).

Kesimpulan tersebut bukan dia dapati dari kemarin sore, melainkan Thomas sudah mempelajarinya bahkan sejak bangku SMA. Ketertarikannya soal UFO itulah sesungguhnya yang mengantar Thomas menekuni disiplin astronomi.

"Sejak SMA tahun '80 an saya membaca artikel soal UFO, dan itu jadi alasan saya belajar astronomi. Dan ternyata secara astronomi, UFO itu tidak ada," kata dia.

Profesor lulusan ITB dan Kyoto University ini menyatakan ilmu tentang UFO hanyalah pseudo-sains alias sains palsu. Namun orang-orang yang menekuni perkara UFO sering kali menjelaskan dengan pemaparan yang seolah-olah ilmiah.

"Astronom menganggapnya sebagai pseudo-sains, meski dari dulu pun ada laporan-laporan soal UFO, tapi secara astronomi itu tidak bisa dibuktikan," ujarnya.

Jadi, baik laporan dari dalam negeri maupun dari luar negeri soal penampakan UFO, semua itu tak cukup kuat untuk membuktikan bahw UFO benar-benar ada. Tentunya hal ini bisa terfalsifikasi sampai ada UFO yang benar-benar secara 'telanjang' mendarat di muka bumi dan disaksikan tanpa kekaburan.

"Yang mengamati langit terus-menerus itu adalah astronom, dengan perangkat-perangkat canggihnya. Kalau betul ada makhluk luar angkasa mengendarai UFO, tentu yang betul melihat adalah astronom. Namun sampai sekarang juga tak ada laporan meyakinkan," kata dia.


(dnu/dnu)
ufo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed