DetikNews
Sabtu 02 Januari 2016, 23:38 WIB

Ini Ciri-ciri Bola Menyala di Langit Jakarta Utara, UFO?

Danu Damarjati - detikNews
Ini Ciri-ciri Bola Menyala di Langit Jakarta Utara, UFO? Foto: Faldy Haryono/pembaca detikcom
Jakarta - Ada laporan penampakan bola terbang menyala di langit Jakarta Utara. Saksi mata membeberkan ciri-cirinya. Apakah itu UFO?

Saksi mata tersebut bernama Faldy Haryono, seorang karyawan swasta berumur 19 tahun. Awalnya, sesaat sebelum melihat benda terbang yang tak dikenalnya itu, dia melihat ada pesawat terbang lewat di langit.

"Jadi tadi ada pesawat melintas. Selang satu menit pesawat itu lewat, terus ada seperti bola menyala seperti lampu itu, titik kecil, soalnya saya melihatnya dari jauh," kata Faldy kepada detikcom, Sabtu (2/1/2016).

Faldy menyaksikan dari lantai empat ruko dekat Mal Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara, sekitar pukul 21.25 WIB. Dia mengidentifikasi bola terbang itu dari arah Tanjung Priok alias dari arah utara. Dia menyebutkan ciri-ciri benda itu.

"Bentuknya seperti titik bola, cahayanya berwarna merah jambu, sedikit berwarna keunguan," kata dia.

Namun demikian, penampakan benda itu hanya sekitar lima detik saja. Setelah itu, benda terbang itu turun ke bawah dan akhirnya menghilang dari pandangan Faldy.

"Benda itu kemudian turun, mengecil, dan menghilang," kata dia.

Jadi, benda itu berbentuk bundar, seperti titik bola yang dilihat dari kejauhan, berwarna kemerahan, terlihat lima detik saja melayang di langit Jakarta Utara sekitar Tanjung Priok, dan turun ke bawah sebelum akhirnya hilang.

Faldy tak bisa memastikan apakah benda itu pesawat terbang atau bukan. Dia masih bingung mengidentifikasi benda semacam itu. Apakah itu adalah benda terbang tak dikenal alias UFO (Unidentified Flying Object)?

"Ah, kurang tahu juga aku," jawab Faldy yang masih bingung.


(dnu/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed