Malam Tahun Baru, Operasional Bus TransJ di Ancol dan Monas 24 Jam

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Kamis, 31 Des 2015 06:38 WIB
Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Jakarta - Bus TransJakarta akan beroperasi selama 24 jam khusus hari ini. Armada bus TransJ juga diperbanyak di koridor yang melintasi atau berdekatan dengan lokasi perayaan tahun baru seperti Ancol, Monas dan TMII.

"Kita menjalankannya seperti hari biasa, cuma kita ubah alokasinya itu. Kita pasti jalan 24 jam sampai pagi karena acaranya akan terpusat di 3 tempat, yaitu Ancol, Taman Mini dan Monas," ujar Dirut PT Transportasi Jakarta ANS Kosasih, Kamis (31/12/2015).

Kosasih menyebut pihaknya mengalihkan bus-bus dari sejumlah koridor yang dinilai sepi saat pergantian tahun berlangsung. Beberapa koridor yang diprediksi sepi penumpang antara lain 1 (Blok M-Kota), 5 (Ancol-Kampung Melayu), 7 (Kampung Melayu-Kampung Rambutan) dan 9 (Pluit-Pinang Ranti).

"Koridor lain sepi pada malam tahun baru itu Koridor 1, Koridor 5, Koridor 7 sama Koridor 9. Nah, busnya kita pindah ke tiga titik itu. Jadi betul-betul kita jalankan 24 jam, kita akan jemput semua penumpang," terangnya.

Mengenai Car Free Night (CFN) yang diadakan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin disebut Kosasih tidak akan menganggu operasional bus TransJ. Pihaknya memutuskan tetap beroperasi normal walaupun masih menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

"Kami diminta untuk tetap jalan oleh kepolisian, tetapi akan kami lihat. Kalau penuh sekali dan enggak masuk, kita akan buat perpendekkan (rute) sepertiKota-Harmoni, Blok M-Semanggi atau Blok M-HI," tutup Kosasih.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin menyebut penutupan jalan bagi semua kendaraan dalam rangka CFN akan dimulai pukul 18.00 WIB dari Semanggi hingga kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Sedangkan Kadishubtrans DKI Andry Yansyah menyebut ada 4 lokasi yang disediakan untuk menjadi kantong parkir kendaraan selama CFN berlangsung.

Keempat lokasi tersebut antara lain GBK, IRTI Monas, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng dan gedung-gedung parkir di sekitar lokasi CFN. Kemudian Dishubtrans juga menyediakan mobil derek sebanyak 12 unit. (aws/fdn)