Kisah Budi dan Kemacetan, Tempuh Perjalanan Jakarta-Bandung 21 Jam

Fajar Pratama - detikNews
Jumat, 25 Des 2015 08:53 WIB
Dokumentasi macet di Tol Cikampek. Foto: Yogie Herawan/pembaca detikcom
Jakarta - Arus lalu lintas dari Jakarta ke Bandung via tol pada hari Jumat ini sudah mendingan, dibanding dua hari terakhir yang sangat macet. Ada sejumlah pengendara yang baru sampai dinihari tadi.

Budi Santana misalnya. Dia berangkat dari Pengadegan, Pancoran Jakarta Kamis (24/12/2015) subuh kemarin. Begitu mendapatkan kabar adanya kemacetan parah di tol dalam kota, dia lantas membawa mobilnya ke jalur non-tol yakni ke Jalan Kalimalang.

"Tetapi dari Duren Sawit hingga Pondok Bambu sampai ke Mall Metropolitan Bekasi ditempuh sampai pukul 12.30 WIB," kata Budi dalam ceritanya kepada redaksi detikcom, Jumat (25/12/2015) pagi ini.

Kemudian Budi mengarahkan mobilnya ke Tol Bekasi Timur, tepatnya ke arah Cibitung. Namun dia terjebak macet panjang.

"Hingga akhirnya saya alihkan ke jalan arteri lain," ujar Budi yang kemudian terjebak macet lagi di perempatan Cibarusah.

Kemudian begitu sampai di Ciranjang-Cianjur, dia terjebak kemacetan lagi sampai Cipatat. Macet disebabkan karena ada perbaikan jembatan.

"Dan sampai rumah di Banjaran, Bandung Selatan pukul 01.00 WIB (Jumat). Jadi perjalanan saya Jakarta-Bandung mencapai 21 jam. Tapi saya menikmatinya," ujar Budi. (faj/faj)