DetikNews
Senin 21 Desember 2015, 20:39 WIB

77 Penumpang KM Marina Belum Ditemukan

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
77 Penumpang KM Marina Belum Ditemukan Foto Ilustrasi: Imam Wahyudiyanta/detikcom
Makassar - Sebanyak 77 penumpang KM Marina Baru 2B  yang dilaporkan karam di perairan Teluk Bone, masih dicari oleh tim SAR Gabungan di antara perairan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dan perairan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Hal ini berdasarkan data yang dirilis Posko Post Mortem DVI Bid Dokkes Polda Sulawesi Tenggara pada wartawan, Senin (21/12/2015).

"Berdasarkan info Tim Lapangan Lasusua, Siwa dan Kolaka, jumlah penumpang KM Marina Baru 2B sebanyak 125 orang termasuk ABK. Jumlah yang ditemukan selamat 45 orang, 3 orang meninggal dunia, yang belum ditemukan berjumlah 77 orang," ujar Tim Post Mortem DVI Biddokkes Polda Sultra, AKBP dr Adang Azhar dalam rilisnya pada wartawan.

Ada pun penumpang yang berhasil dievakuasi oleh tim SAR Gabungan berjumlah 45 orang, yang terdiri atas 34 laki-laki dewasa, 7 perempuan dewasa dan 4 anak-anak. Empat di antaranya dievakuasi ke Siwa, Kabupaten Wajo. Sementara 41 kini dirawat di RSUD Djafar Harun, Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Tiga korban tewas yakni perempuan berusia 50 tahun Siti Badriah, bayi berusia 9 bulan Mutmainnah dan bocah 9 tahun bernama Firdaus.

Proses pencarian korban penumpang KM Marina ini melibatkan tim SAR Gabungan di bawah kendali Basarnas Makassar, yang menggunakan dua buah helikopter dan empat kapal laut yaitu KM Pacitan, KM Marina dan dua kapal rakyat. KM Pacitan melakukan pencarian di perairan Wosu ke Tobako dan Tobako Utara. Sementara KM Marina dan dua kapal rakyat mencari sekitar perairan Lasusua mengarah ke arah selatan.

Pencarian hari ketiga sejak kecelakaan, banyak penumpang yang ditemukan di perairan yang lebih dekat ke Pelabuhan Kolaka Utara. Hal ini karena arah arus laut lebih mengarah ke Tenggara sehingga menjauhi titik awal pencarian sekitar 12 mil dari Pelabuhan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan


(mna/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed