Saat Jokowi Tertawa Lepas di Istana, Sementara di DPR Ada Drama Novanto

Ray Jordan - detikNews
Kamis, 17 Des 2015 09:52 WIB
Jokowi bersama para pelawak. Foto: Ray Jordan/Detikcom
Jakarta - Belasan orang berpakaian batik duduk semeja dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat. Obrolan mereka kala itu kerap mengundang senyum dan tawa, termasuk Jokowi.

Mereka adalah para pelawak yang diundang Jokowi untuk makan malam di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015). Ada sekitar belasan orang pelawak yanmg hadir, yakni Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Slamet Rahardjo, Eddy Soepono alias Parto Patrio, Andre Taulany, Entis Sutisna alias Sule, Tri Retno Prayudati alias Nunung, Lies Hartono alias Cak Lontong, Toto Muryadi alias Tarzan, Sujarwo alias Jarwo Kwat, Veronica Felicia Kumala alias Cici Panda, Atik Riwayati alias Mpok Atik, Indra Bekti, Rinko Safinka alias Rico Ceper, Dorce Gamalama, Aziz Gagap dan Insan Nur Akbar.

Para pelawak ini rata-rata mengaku terkejut saat tahu dirinya diundang untuk makan malam bersama Jokowi di Istana Kepresidenan. Testimoni 'kekagetan' mereka inilah yang kerap membuat tawa.

"Ini suatu kehormatan sekali diundang Pak Presiden. Terakhir ketemu di Solo. Saya bermimpi pingin ketemu lagi sama Pak Jokowi, mimpi saya terkabul sekarang, bahkan saya yang diundnag, tadinya saya yang mau ngundang," kata Sule yang disambut tawa para pelawak dan Presiden Jokowi.

Cak Lontong pun ikut memberi testimoni. Dia mengaku baru kali ini menjejakkan kaki di Istana Kepresidenan.

"Saya sama sekali enggak berharap diundang, tapi kalau bisa saya diberi kebebasan bertamu kapan pun," kata Cak Lontong.

Cak Lontong kemudian mengaitkan testimoninya ke Jarwo Kwat. Dikatakan Lontong, Jarwo sempat tak bisa tidur saat diminta hadir ke Istana.

"Semalam Pak Jarwo sempat enggak tidur, karena jam 1 malam sempat nanyain saya soal undangan tersebut," katanya.

"Tapi memang iya Pak, saya tanyain ke semua ternyata diundang," sambut Jarwo yang disambut tawa Kepala Staf Presiden teten Masduki yang ikut mendampingi Presiden Jokowi.

Jokowi pun kemudian mempersilakan pelawak Tarzan untuk berkomentar. "Ayo yang senior, Pak Tarzan," kata Jokowi.

"Saya dapat undangan kaget juga, karena pada saat satu tahun kinerja Pak Jokowi, saya sempat diwawancarai. Saya bilang saya kecewa. Kecewa kenapa? Karena saya belum diundnag ke istana," kata Tarzan.

"Biasanya, yang ngundang pelawak itu bisa sampai dua periode," tambah Tarzan yang kembali disambut tawa Jokowi.

Mantan vokalis band Stinky, Andre Taulani juga angkat bicara. Dia mengaku senang diundang, terlebih dia adalah salah seorang penggemar Jokowi.

"Pak Jokowi, terima kasih sudah undang saya, ini suatu kehormatan. Saya sempat kaget. Saya pikir saya diundang untuk jadi wakil Pak Jokowi atau ikut Pilkada Tangsel lagi," katanya.

"Saya juga ngefans sama Pak Jokowi. Bisa tatap muka langsung hari ini. Kami semua di sini, sama-sama tetap terus men-support program bapak ke depan. Program revolusi mental ke depan harus terus berjalan. Saya sangat setuju program ini," kata Andre diplomatis.

Mpok Atiek yang hadir juga angkat bicara. Bahkan dia sempat menitikkan air mata, terharu menerima undangan dari Presiden.

"Aku terharu banget. Cak Lontong telepon, dia bilang mau diundang sama istana. Sama Bapak (Jokowi) kemana-mana keliling Indonesia (pada saat kampanye-red), tapi enggak mimpi bisa diundang ke sini Pak. Alhamdulillah Pak, saya pamer pak ke semua orang saya diundang Pak Jokowi," katanya.

Jokowi yang mendengarkan testimoni para pelawak ini tertawa lepas. Bahkan sesekali dia terlihat menutup sebagian mukanya dengan serbet sambil tergelak. Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang berada di sebelah kiri Jokowi pun juga ikut tertawa.Terlebih saat Parto Patrio ikut memberikan testimoni.

"Saya kalau ke mal atau ke mana Pak, selalu dimintain kaya Ariel. Terus saya nanya, kaya Ariel yang mana, gaya Cut Tari atau yang mana?" kata Parto yang membuat suasana di ruang belakang Istana Negara itu menjadi ramai.