DetikNews
Senin 14 Desember 2015, 13:14 WIB

Datang Melayat, Presiden Jokowi Ikut Salatkan Jenazah Suhardiman

Elza Astari Retaduari - detikNews
Datang Melayat, Presiden Jokowi Ikut Salatkan Jenazah Suhardiman Jokowi melayat Suhardiman (Foto: Elza Astari/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo datang melayat politisi senior Golkar Suhardiman yang meninggal tadi malam. Meski tidak bersama Wapres Jusuf Kalla, Jokowi cukup lama berada di rumah duka.

Jokowi datang ke rumah Suhardiman di Jl Kramat Batu, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2015) sekitar pukul 11.50 WIB. Mengenakan kemeja batik lengan panjang dan peci hitam, mantan Gubernur DKI tersebut berjalan dari pintu gerbang menyusuri pekarangan hingga masuk ke dalam rumah.

Tanpa banyak kata, Jokowi lalu menyalatkan jenazah pendiri SOKSI itu bersama sejumlah pihak keluarga. Ia lalu menyalami kerabat dan para pelayat yang berada di ruang tamu tempat Suhardiman disemayamkan.
Jokowi di rumah duka (Elza Astari/detikcom)


Jokowi pun tak langsung pulang usai menyalatkan Suhardiman. Ia menyempatkan diri untuk srawung (berbaur) dengan keluarga Suhardiman. Suami Iriana itu duduk di bawah tenda di pekarangan rumah duka. Tampak duduk di sisi kirinya adalah Ketua Umum Dewan Nasional SOKSI Ade Komarudin dan di sebelah kanannya putra sulung Suhardiman, Bobby.

Kemudian juga ada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sjarif Tjitjip Soetardjo dan keponakan Suhardiman, Thomas Suyatno, duduk bersama Jokowi. Mendagri Tjahjo Kumolo yang hadir belakangan lantas ikut bergabung. Mereka saling bercengkerama selama kurang lebih 20 menit lamanya.
Karangan bunga dari Jokowi (Elza/detikcom)
"Beliau (Jokowi) masih terkesan dengan almarhum. Kebetulan di Solo rumahnya Pak Jokowi dengan almarhum tidak jauh. Bapak dan keluarga kami dulu kalau pesan perabot dari kayu di tempatnya Pak Jokowi," ujar Thomas menceritakan tentang isi perbincangan Presiden dan lainnya.

Jokowi lantas beranjak pergi sekitar pukul 12.35 WIB tanpa memberi keterangan. Sementara Wapres JK yang sebelumnya direncanakan hadir, hingga pukul 12.45 belum terlihat tanda-tanda kedatangannya.

Sebelum Presiden Jokowi tiba, Ketum Golkar kubu Munas Bali Aburizal Bakrie juga menyambangi rumah Suhardiman. Berbeda dengan Jokowi, Ical hanya sebentar berada di rumah duka.

"Beliau sangat berjasa baik kepada negara maupun kepada partai, jadi orangnya sampai akhir hayatnya beliau selalu mendarmabaktikan pada kemajuan organisasi juga kepada penerusnya, kepada saya sendiri, mengatakan pertahankan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia," tukas Ical usai melayat.

Saat ini pihak keluarga tengah mempersiapkan keberangkatan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya. Sebelum diberangkatkan menuju pemakaman Evergreen, Cisarua, Bogor, Suhardiman akan mendapat penghormatan terakhir secara militer.
(ear/hri)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed