Kejadian Luar Biasa, Hepatitis Menyerang Mahasiswa IPB!

Salmah Muslimah - detikNews
Jumat, 11 Des 2015 16:34 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Kampus IPB tengah memberlakukan Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis. Kondisi ini diberlakukan menyusul ada puluhan mahasiswa di Kampus Dramaga, Bogor yang terserang virus hepatitis.

Sejak hari ini, Jumat (11/12/2015) hingga Minggu (13/12) dokter-dokter dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor turun ke kampus Dramaga melakukan pemeriksaan. Hepatitis adalah virus yang menyerang organ hati manusia. Hati terjadi peradangan, sehingga fungsi hati menyaring racun dalam darah terganggu.

Tak hanya itu saja, IPB juga melakukan penyuluhan kesehatan kepada mahasiswa/mahasiswi, serta penjual makanan dan minuman di kawasan kampus.

Berikut langkah-langkah IPB Cegah dan Atasi Kasus Hepatitis, seperti dikutip dari akun facebook resmi IPB:

1. Membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan dan Penanggulangan Wabah Hepatitis di Lingkungan Kampus IPB yang beranggotakan unit-unit kerja terkait di lingkungan IPB diantaranya: (a) Seafast Center - aspek food safety, (b) Fakultas Kedokteran Hewan - aspek zoonosis dan kesehatan masyarakat, (c) Departemen Gizi Masyarakat - aspek gizi, (d) Direktorat Pengembangan Bisnis - aspek pengelolaan kantin di lingkungan IPB dan sekitarnya, (e) Direktorat Kemahasiswaan - aspek kesejahteraan mahasiswa, (f) Poliklinik IPB - aspek kuratif, (g) Biro Umum - aspek kebersihan lingkungan kampus, (h) Organisasi Kemahasiswaan IPB (i) Biro Hukum, Promosi dan Humas - aspek informasi dan komunikasi.

2. Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Bogor untuk tindak lanjut secara komprehensif

3. Secara khusus, Poliklinik IPB akan melakukan langkah-langkah koordinatif untuk penanganan kasus ini.

Melalui langkah-langkah tersebut diharapkan kasus berjangkitnya hepatitis di lingkungan kampus IPB bisa segera ditangani dan dicegah penyebarannya.

Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB (dra/dra)