Sains

Pesawat Star Wars, Fiksi atau Fakta?

Sapto Pradityo - detikNews
Senin, 07 Des 2015 13:30 WIB
Foto: Collider
Jakarta -

Seorang penonton bertanya kepada Neil deGrasse Tyson, pembawa acara sains kondang, mana yang lebih dia sukai: Millennium Falcon atau Starship Enterprise. Keduanya sama-sama pesawat penjelajah antargalaksi.

Dalam serial Star Trek, pesawat penjelajah Starship Enterprise alias USS Enterprise membawa Kapten James T. Kirk dan Kapten Jean Luc Picard jauh menembus ruang antargalaksi. Di film Star Wars, Millennium dipiloti oleh Han Solo dengan kopilot Chewbacca. Di seri ketujuh, Star Wars: The Force Awakens, yang akan tayang di bioskop satu atau dua pekan lagi, Han Solo diperankan oleh Harrison Ford dan berperang di pihak Rebel Alliance.

"Pertanyaan yang gampang," kata Neil, doktor astrofisika dari Universitas Columbia, Amerika Serikat, dalam acara Star Talk pekan lalu. Direktur Planetarium Hayden di Kota New York ini ternyata lebih suka dengan Enterprise. Menurut Neil, Enterprise dikembangkan berdasarkan riset sains yang serius. Bagaimana pendapat Neil deGrasse Tyson soal Millennium Falcon? "Palsu... palsu... palsu…." Tapi penggemar mati Star Wars sudah pasti tak akan setuju dengan pendapat Neil.

Desain asli Millennium sebenarnya hampir menyerupai pesawat tempur B-29 Superfortress. Di layar bioskop, George Lucas, sutradara Star Wars, mengubahnya di menit-menit terakhir. Menurut Lucas, desain Millennium terlalu mirip dengan pesawat Eagle Transporter di serial televisi Space: 1999. Lantaran desain baru Millennium yang dipilih Lucas sekilas tampak menyerupai hamburger, anak buahnya menjuluki pesawat itu Porkburger.

Rhett Allain, profesor fisika dari Universitas Southeastern Louisiana, pernah menghitung berapa besar gaya yang harus ditanggung penumpang Millennium saat pesawat itu lepas landas dan Han Solo menarik tuas gas. Menurut taksiran Rhett, penumpang Millennium paling tidak harus menanggung beban 12 kali gaya gravitasi. Jika Han Solo hanya manusia biasa, bisa dipastikan dia bakal kehilangan kesadaran.

USS Enterprise / Movie Pilot


Tak jelas benar berapa kecepatan Millennium dan bagaimana cara kerja mesin pesawat ini sehingga bisa terbang secepat itu. Di Star Wars: A New Hope, Han Solo pernah sesumbar Millennium bisa melaju mendekati kecepatan cahaya. Sampai detik ini, belum ada teknologi yang telah teruji bisa menyamai atau paling tidak mendekati kecepatan pesawat fiktif Enterprise atau Millennium. Semua masih berupa konsep, teori, atau mimpi belaka.


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2