DetikNews
Sabtu 05 Dec 2015, 13:08 WIB

AKBP ET Tak Ditahan karena Kooperatif dan Begini Modus Korupsinya

Salmah Muslimah - detikNews
AKBP ET Tak Ditahan karena Kooperatif dan Begini Modus Korupsinya Foto: istimewa/Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto
Jakarta - AKBP ET tidak ditahan. ET sudah ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi anggaran komunikasi 2011-2014. ET diduga memark-up anggaran komunikasi senilai Rp 6,5 miliar.

"Yang bersangkutan tidak ditahan, karena kooperatif. Yang bersangkutan juga masih wajib apel pagi," jelas Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto, Sabtu (5/12/2015).

Modus yang dilakukan ET sebagai Kabid TI dengan menggelembungkan tagihan jasa telekomunikasi Rp 100 juta perbulan. ET bekerjasama dengan Ketua Kopegtel dan seorang manajer keuangan. Dua orang itu, Ketua Kopegtel dan Manajer Keuangan memasukan tagihan itu dalam surat utang untuk Polda Kalbar selama 2011-2014. Tindakan ET ini terendus BPK dan Irwasda Polda Kalbar. ET menerima bagian Rp 4,5 miliar..

Arief kemudian merapatkan temuan itu dengan perwira Polda Kalbar yang lain dan didapatkan keputusan, yang selanjutnya dilaporkan ke Kapolri. Penyidikan kemudian dilakukan sejak Oktober 2015 lalu. Polda Kalbar sudah menyita rumah, pondokan, dan tanah milik AKBP ET.

AKBP ET sudah dibebastugaskan dari jabatannya. Kasus ET ini juga sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Kalbar.
(dra/dra)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed