Besok Ribuan Buruh Aksi Mogok, Polisi Turunkan Kekuatan 6 Ribu Personel

Mei Amelia R - detikNews
Senin, 23 Nov 2015 22:47 WIB
Ribuah buruh ketika longmarch menuju Istana Negara, Jakarta, Jumat, 30 Oktober 2015 (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Massa buruh akan kembali turun ke jalan untuk melakukan aksi mogok massal pada Selasa (24/11) besok. Untuk mengamankan jalannya aksi tersebut, Polda Metro Jaya menerjunkan kekuatan 6 ribu personel.

"Untuk aksi mogok dari teman-teman buruh ini rencananya digekar pada Selasa besok sampai tanggal 27 November. Polda Metro siap mengamankan dengan menurunkan 6 ribu personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal kepada detikcom, Senin (23/11/2015).

Selain melakukan aksi mogok, massa juga rencananya akan demo di kantor pemerintahan seperti di Istana Negara dan Gedung DPR/MPR. Sejumlah buruh juga dilaporkan akan melakukan aksi mogok di kawasan industri tempat mereka bekerja.

"Seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya mayoritas ada mogok kerja terutama di sentra industri di Jababeka, Bekasi; Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung Cilincing, Jaktim, KBM Marunda Jakut, Pelabuhan Tanjung Priok dan kawasan industri Tangerang," ungkapnya.

Pihak kepolisian juga telah melakukan mediasi dengan pengurus Serikat Pekerja (SP) terkait aksi mogok ini. Polisi mengimbau massa buruh untuk melakukan aksi dengan tertib dan damai tanpa melakukan anarkis.

"Apabila melakukan tindak pelanggaran hukum, kami tidak segan untuk melakukan langkah represif. Aksi boleh, asal tidak mengganggu ketertiban umum dan kepentingan masyarakat lainnya," tambahnya. (mei/dhn)