ADVERTISEMENT

Kabareskrim: 78 Tersangka Ditahan, 9 Kasus P21 Terkait Kebakaran Hutan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Rabu, 11 Nov 2015 17:27 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Kabareskrim Komjen Anang Iskandar mengungkap data mengenai tersangka terkait kebakaran hutan dan lahan. Dia menyebut penegakan hukum akan terus dilakukan agar kejadian serupa tak terulang kembali.

"78 tersangka ditahan, 266 tersangka seluruhnya, saksi yang disidik ada 111, dan 9 kasus sudah P21," ujar Anang saat menjadi pembicara di Kantor Kemlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2015).

Pemaparan itu disampaikan di hadapan para calon duta besar RI untuk negara sahabat. Permasalahan kebakaran hutan dinilai menjadi isu internasional sehingga para duta besar juga harus mengerti.

"Perusahaan besar ya ada. Ada perusahaan besar, kecil dan perorangan. Ini makanya diungkap," kata Anang.

Penegakan hukum dari kasus kebakaran hutan dan lahan juga harus diketahui oleh negara tetangga. Untuk itulah tugas duta besar nantinya agar tak ada kesalahan komunikasi dalam diplomasi.

Selain masalah kebakaran hutan dan lahan, Kabareskrim juga menyampaikan pentingnya peran dubes dalam penanganan kasus kejahatan transnasional. Terutama kasus narkoba di mana 68% pasar obat terlarang se-Asia Tenggara ada di Indonesia. (bag/dra)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT