detikNews
Rabu 11 November 2015, 16:31 WIB

Kembang Mangkunegaran Berpulang

Ini Rahasia Kecantikan Gusti Nurul

Erwin Dariyanto - detikNews
Ini Rahasia Kecantikan Gusti Nurul Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Hingga mengancik usia senja, kecantikan Gusti Nurul seolah tak luntur.  Pengusaha Martha Tilaar menyebut aura kecantikan perempuan bernama asli Siti Noeroel Kamaril Ngasarati Koesoemowardhani salah satunya terpancar natural dari busana yang dikenakan.

Apa rahasianya sehingga kecantian Gusti Nurul tak luntur hingga usia senja?



Menurut Martha Tilaar, Gusti Nurul sering menggunakan resep ramuan kecantikan dan perawatan tubuh khas Mangkunegaran. "Ramuan ini dari Gusti Kanjeng Ratu Timoer, resep sang ibu," kata Martha seperti dituturkan dalam buku 'Gusti Noeroel Mengejar Kebahagiaan' yang dikutip detikcom, Rabu (11/10/2015).

Dalam buku tersebut, Gusti Nurul salah satunya mengisahkan soal perawatan rambutnya. Sejak remaja dia mengaku rutin mengeramas rambutnya dengan shampo urang aring. Setelah itu dibilias dengan air hangat suam kuku hingga bersih.

Selesai keramas, rambut dikeringkan dengan hair dryer dan saat setengah lembab diasap dengan ratus. "Setelah itu selesai aku merasa segar sampai kulit kepala jika telah dikeramas dan diasap," kata Gusti Nurul.

Gusti Nurul menata rambutnya dengan sederhana, yakni disisir ke belakang tanpa sasakan. Untuk menguatkan tatanan dia gunakan hair spray. Tatanan rambut kemudian ditarik sedikit keluar atau biasa disebut sunggar tepat di tengah batas telinga. "Semua bisa aku lakukan sendiri dalam waktu 30 menit bisa selesai dengan rapi," tutur Gusti Nurul.

Untuk merias wajah, Gusti Nurul jarang memakai lipstik. Seperti sang ibu, dia hanya menyapukan bedak di wajahnya yang ayu. Agar alis terlihat tegas, dia tidak menggunakan pensil alis, tapi cukup memberi sedikit air dengan telunjuk lalu dengan telunjuk tadi melekatkan dan mengikuti garis tumbuh alis.

"Cukup dua kali memoles, alisku tampak lebih tebal, hitam, dan segar berkilap. Ibuku memang pandai menyiasati cara berdandan," kata Gusti Nurul.  

Kecantikan Gusti Nurul juga terpancar dari busana yang dia kenakan. Mengenai hal ini, perempuan kelahiran 17 September 1921 itu juga mengaku terinspirasi oleh sang ibu, Gusti Kanjeng Ratu Timoer. "Bagiku, Ibu yang selalu berpenampilan menarik yakni memakai kain jarik yang dipadu dengan atasan kebaya, menjadi inspirasiku untuk berpakaian," kata dia.

Gusti Kanjeng Ratu Timoer, kata Gusti Nurul, sangat kreatif dalam memadupadankan busana yang dia kenakan. "Ibu berani merombak model kebaya dengan model baru dan berani memakainya untuk acara resmi sekalipun di Pura Mangkunegaran," kata Gusti Nurul.



(erd/nrl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com