Polisi Ambil Sampel Asap dan Darah Korban Keracunan PT DCI

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Selasa, 03 Nov 2015 17:46 WIB
Warga yang memasang spanduk protes di depan gedung pabrik (Foto: Edward/detikcom)
Jakarta - Tim Puslabfor Mabes Polri telah diterjunkan ke lapangan untuk mengambil sampel terkait dugaan keracunan dari mesin pembuangan asap milik PT DCI. Hasilnya diperkirakan baru keluar dua minggu lagi.

"Sampel yang diambil asap terus kemarin darah korban di rumah sakit," ujar Kasat Reskrim Polresta Bekasi Kompol RM. Jauhari saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (3/11/2015)

Ia mengatakan pengambilan sampel ini untuk mengetahui secara ilmiah penyebab keracunan warga sekitar PT DCI. "Ya untuk memastikan kandungan dari darah dan asap yang kita ambil apakah ada bahan penyebab keracunan atau tidak," paparnya.

Ditambahkan Kasubag Humas Polresta Kabupaten Bekasi, Ipda Makmur, selain sampel asap, tim Puslabfor juga mengambil sampel air di sekitar warga.

"Ada sampel air yang diambil karena ada ikan yang mati juga. Itu dilihat apakah ada hubungannya atau tidak," papar Makmur.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan di laboratorium bisa memakan waktu dua minggu. Meski begitu pihaknya berharap hal itu dapat diselesaikan secepatnya.

"Sehingga cepat diketahui penyebab masyarakat keracunan itu apa. Penyelidikan tetap berjalan sembari kita fokus melakukan pertolongan kepada masyarakat," tandasnya. (edo/mnb)