Keracunan Udara, Warga Sekitar Pabrik PT DCI Cikarang Memakai Masker

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Selasa, 03 Nov 2015 15:15 WIB
Foto: Edward/detikcom
Bekasi - Puluhan warga kampung Bangkongreang, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, dilarikan ke rumah sakit akibat keracunan limbah udara PT DCI. Setelah keluar dari rumah sakit, agar tak kembali keracunan, beberapa warga memilih mengungsi di rumah keluarganya. Banyak warga yang memakai masker.

Hal ini seperti yang dilakukanOmin (31) dan EkoHendriono (25). Mereka memilih mengungsikan keluarganya ke rumah keluarga pasca menjalani perawatan di rumah sakit karena keracunan limbah udara PTDCI pada Senin (3/11/2015) kemarin.
Pemukiman warga yang sepi aktivitas


"Anak saya inapkan di rumah keluarga dulu," kata Omin saat berbincang di depan warung kopi yang terletak di depan pabrik PT DCI, Selasa (3/11/2015).

Omin dan beberapa warga memilih berkumpul di warung kopi tersebut di siang hari karena meski terletak di depan pabrik, tapi bau menyengat tidak tercium. Sedangkan bila mereka di rumah, bau busuk itu tercium.


Sementara itu, warga yang memilih tinggal di rumah menggunakan masker saat beraktivitas. Perkampungan itu juga tampak sepi. Hanya ada beberapa orang yang duduk di teras rumah sambilmengeunakan kain untuk menutup hidung mereka.
Warga menggunakan kain untuk menutup hidung mereka


Salah seorang warga, Alex Madin, mengaku bau menyengat itu membuat kepalanya pusing. "Baunya itu bikin pusing, kadang-kadang kita sampai nggak kuat," ucap Alex.

Kapolres Kabupaten Bekasi, Kombes M. Awal Charudin menyatakan ada 51 orang korban keracunan limbah udara ini. Tim Labfor pun diturunkan untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Tim Labfor besok akan turun lapangan. Intinya ada keracunan 51 orang sekarang sudah dibawa ke rumah sakit, langkah-langkahnya amankan TKP periksa saksi dan menunggu Labfor besok pagi untuk memastikan mereka keracunan apa,"  ucap Kombes Awal, kemarin. (mnb/nrl)