KPU, Bawaslu dan DKPP Temui Presiden Jokowi Bahas Pilkada Serentak

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Selasa, 03 Nov 2015 10:45 WIB
Foto: agung pambudhy
Jakarta - Presiden Joko Widodo menerima kedatangan KPU, Bawaslu dan DKPP di Istana Negara untuk membahas Pilkada serentak. Pembahasan ini terkait pelaksanaan Pilkada yang sudah tinggal satu bulan lagi.

"Presiden ingin tahu secara detail bagaimana persiapan Pilkada. Di rapat kabinet kemarin dibicarakan apa hal yang perlu diantisipasi, di daerah yang ada potensi ketegangan sosial harus diperhatikan secara serius," ujar Mensesneg Pratikno sebelum pertemuan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015).

Mengenai calon tunggal yang masih ada di beberapa daerah juga akan dibahas dalam pertemuan hari ini. Menurut Pratikno, ada sejumlah hal yang akan dilaporkan ketiga lembaga tersebut kepada Presiden.


Dalam pertemuan ini, Jokowi juga didampingi Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan Mendagri Tjahjo Kumolo. Seluruh komisioner KPU yang diketuai Husni Kamil Manik hadir pada pertemuan ini.

Sementara itu Bawaslu dihadiri oleh para komisioner yakni Nelson Simanjuntak, Daniel Zuchron dan Endah Wihdatiningtyas. Selain itu Ketua DKPP Jimly Asshidique juga hadir.

"Dari Pak Mendagri kami dapat informasi, Bapak Presiden mempertanyakan keriuhan-keriuhan yang tak terlihat di daerah. Inilah memang konsekuensi dari UU No 8/2015 di mana alat peraga harus ditata sedemikian rupa," kata Husni. (bpn/mok)