Macan Tutul Turun Gunung di Garut, Kemudian Mati Dibunuh Warga

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Selasa, 03 Nov 2015 07:33 WIB
Foto: istimewa/googlemaps
Garut - Hewan langka macan tutul mati di tangan warga di Cikelet, Garut, Jawa Barat. Macan itu dibunuh dan kini dikuasai seorang tokoh di desa.

Informasi perihal macan itu disampaikan aktivis Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK31) Dedi Kurniawan, Selasa (3/11/2015). Menurut Dedi, macan itu turun dari hutan di kawasan suaka margasatwa di daerah Cikelet karena wilayah habitatnya semakin menipis.

"Kami dapat informasi macan tutul muda itu ditangkap warga di Cikelet Jumat (30/10) kemarin. Kondisi macan sekarang sudah mati," terang dia.

Dedi menyampaikan, informasi yang diperolehnya juga kematian hewan langka ini sudah ditangani BKSDA Jawa Barat tetapi dia tidak tahu bagaimana progresnya.

"Macan ini hewan langka dan habitatnya terganggu. Semestinya ada penyadaran ke warga di kawasan sekitar hutan agar tidak membunuh hewan seperti ini," ujar dia.

Kemudian, apabila macan memakan hewan ternak, memang mesti ada penanganan dari pemerintah. Bisa dibuat kandang yang aman dari hewan seperti macan. Poin pentingnya, jangan sampai kasus ini terulang.

"Pemerintah harus memberikan pemahaman kesadaran kepada warga sekitar hutan pentingnya macan tutul dalam ekositem. Kemudian mengurangi perambahan hutan dan meningkatkan sarana prasarana hutan produksi agar warga juga tidak merambah hutan," tutupnya. (dra/dra)