Muda dan Menginspirasi

Kakak Nadia Juga Penulis, Usia 12 Tahun Sudah Terbitkan 23 Buku

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 02 Nov 2015 15:08 WIB
Nadia dan Najma (Foto: Sukma Indah Permana)
Yogyakarta - Saat ditanya tentang siapa penulis yang menjadi inspirasinya, Nadia Shafiana Rahma (11) dengan cepat menjawab kakaknya. Ternyata, kakak Nadia yang bernama Najma Alya Jasmine (12) juga penulis cilik yang sudah menulis 23 buku.

Gadis manis kelahiran 29 November 2002 ini mengaku sangat senang membaca dan menulis. 23 buku berhasil ditulisnya sejak usia 9 tahun hingga 11 tahun.

"Kalau pertama nulis, pas masih TK, puisi dikirim ke koran. Dapat uang waktu itu untuk jajan," kata Najma.

Hal ini diceritakan Najma kepada detikcom di rumahnya di Ngentak Baru No 12 RT 10, Baturetno, Bantul, Sabtu (31/10/2015). Sama seperti adiknya, Nadia, Najma senang mengarang cerita karena terbiasa mendengar dongeng atau cerita anak yang dibacakan oleh ibu dan ayahnya.

facebook Nadia


Baru setelah dia berumur 9 tahun, Najma mulai menulis buku dan cerpen. Lalu bagaimana Najma bisa menyelesaikan 24 buku selama 2 tahun?

Ternyata gadis yang duduk di kelas VII SMP Banguntapan I ini memang sangat tergila-gila dengan menulis. Saat itu, jika sedang semangat, dia bisa menyelesaikan 10 lembar tulisan dalam sehari.

"Kalau per bab, 3 jam selesai," imbuhnya.
Facebook Nadia

Beberapa Judul buku Najma antara lain Miliana dan Kado Ulang Tahun, The Thief Hunter, The Happy Doll, dan My Book My Friend. Salah satu Judul bukunya yakni The Five Smart Girl masuk best seller dan sudah masuk ke cetakan yang ke-9.

Selain bercita-cita menjadi penulis, Najma sedang memupuk asanya untuk menjadi reporter. Setahun ini Najma sedang menjalani kontrak sebagai reporter cilik untuk sebuah media nasional.

Wawancara Wakil Presiden Jusuf Kalla dan meliput acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo menjadi kesan mendalam untuk Najma. Gadis yang sempat menjadi penyiar cilik ini mengaku setelah masuk ke bangku SMP, dia masih rehat menulis.

"Sekolahnya masih sibuk, pulang sore. Ikut OSIS juga, jadi sekretaris," tuturnya. (bpn/mad)