Berikut Kronologi Pertemuan Presiden Jokowi dengan Suku Anak Dalam

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Senin, 02 Nov 2015 08:20 WIB
Foto yang digabungkan dan ramai di media sosial setelah Jokowi mengunjungi Suku Anak Dalam (twitter)
Jakarta - Isu miring diarahkan ke Presiden Joko Widodo terkait pertemuannya dengan Suku Anak Dalam. Di dunia maya, beberapa oknum netizen membuat isu bahwa pertemuan Jokowi dan Suku Anak Dalam itu hanya settingan belaka.

Namun, isu yang menyebar di dunia maya itu ternyata justru sangat jauh dari fakta. Ada oknum netizen yang mencoba untuk memutar balikkan fakta.

Bagi siapa pun yang pernah bertemu langsung dengan Suku Anak Dalam, pasti tahu jika beberapa di antara mereka berpenampilan 'alami'. Suku Anak Dalam juga terbagi dalam beberapa komunitas kecil yang memiliki karakteristik berbeda. Sebagian di antara mereka bahkan lebih suka tak berbusana.
Jokowi berdialog dengan beberapa warga Suku Anak Dalam didampingi penerjemah (dok. Tim Komunikasi Presiden)

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Suku Anak Dalam dilakukan pada Jumat (30/10/2015). Saat itu, Presiden Jokowi tengah meninjau korban kebakaran lahan di beberapa wilayah Jambi.

Berikut kronologi asli pertemuan Presiden Jokowi dengan Suku Anak Dalam:
Jokowi berdialog dengan beberapa warga Suku Anak Dalam didampingi penerjemah (dok. Tim Komunikasi Presiden)

Pukul 15.17 WIB
Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di lokasi tepatnya di Desa Bukti Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Selanjutnya mereka menuju ke lokasi pengungsian Suku Anak Dalam di perkebunan sawit.

Di perkebunan sawit itulah presiden bertemu dengan Suku Anak Dalam yang sedang duduk dan tidak berpakaian. Jokowi lalu berbincang santai dan menanyakan beberapa hal, salah satunya terkait rumah tinggal mereka.

Jokowi langsung menyapa sejumlah Suku Anak Dalam dan berdialog dengan beberapa di antara mereka. Seorang penerjemah bernama Husni Thamrin sejak kegiatan itu selalu mendampingi Presiden Jokowi. Bahkan dalam dialog itu, Jokowi tak didampingi menteri.
Jokowi berdialog dengan beberapa warga Suku Anak Dalam didampingi penerjemah (dok. Tim Komunikasi Presiden)

Pukul 15.52 WIB
Jokowi kembali ke Suku Anak Dalam yang lain dan memberikan bantuan. Bentuk bantuan itu ada berupa sembako, hingga Kartu Indonesia Sehat untuk keperluan mereka berobat.

Di tempat itu, presiden bertemu dengan lebih banyak Suku Anak Dalam. Di antara mereka, terlihat anak-anak dan wanita. Selama bertemu dengan Suku Anak Dalam, Jokowi didampingi seorang penerjemah, bernama Husni Thamrin.
Jokowi berdialog dengan beberapa warga Suku Anak Dalam didampingi penerjemah (dok. Tim Komunikasi Presiden)

Pukul 16.23 WIB
Jokowi dan rombongan menuju pemukiman rumah yang ditempati Suku Anak Dalam. Meski disebut rumah, tetapi bangunan itu belum secara permanen ditinggali oleh Suku Anak Dalam. Saat bertemu di rumah itulah para warga Suku Anak Dalam sudah berpakaian lengkap.

Terkait Suku Anak Dalam yang berpakaian lengkap saat ditemui di rumah tinggal, Mensos Khofifah Indar Parawansa yang ikut mendampingi presiden punya alasannya. "Tidak mungkin kan kalau misalnya tidak berbusana itu kemudian diliput oleh media?" jelas Mensos.
 
Salah satu isi dari dialog Presiden Jokowi dan para Suku Anak Dalam di rumah tinggal adalah menawarkan rumah tinggal untuk warga suku menetap. Tetapi warga meminta sejumlah persyaratan yang salah satunya pemukiman itu harus dibangun di dalam hutan.

Warga Suku Anak Dalam suka untuk berkebun dan berladang. Oleh karena itu Jokowi menjanjikan tanah untuk berladang bagi warga yang bersedia tinggal di pemukiman.

Pukul 17.00 WIB
Kunjungan Jokowi dan rombongan bertemu Suku Anak Dalam berakhir. Setelah itu rombongan kembali ke Jambi dan kemudian bertolak menuju Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

(Hbb/ndr)