Kabut Asap tak Ganggu Keramaian Pasar Apung di Sungai Martapura

Septiana Ledysia - detikNews
Rabu, 28 Okt 2015 07:01 WIB
Pasar Apung Sungai Martapura Banjarmasin (Foto: Septiana Ledysia/Detikcom)
Banjarmasin - Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Apung di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Walaupun sudah ramai dengan pasar modern, pasar tersebut masih ada dan tetap menjadi daya tarik wisatawan yang sedang berada di Banjarmasin.

Pasar tersebut setiap harinya buka dari Pukul 06.00 WITA sampai 08.00 WITA. Sekitar ada 20-30 puluhan perahu menjajaki menjual buah-buaha, ikan dan makanan untuk setiap pelanggan yang datang.

Detikcom bersama rombongan dari Bank Indonesia pagi ini menengok Pasar Apung, Rabu (28/10/2015). Perjalanan yang ditempuh menggunakan kapal dari titik awal di Rumah Makan Soto Bang Ahmad hingga ke pasar memerlukan waktu sekitar 45 menit.

Dalam perjalanan, kabut asap tebal terlihat memenuhi aliran sungai. Jarak pandang sedikit terganggu dan mengharuskan kita untuk menggunakan masker.

Baca juga infografis: Indonesia Hilang Ditelan Asap

Sesampainya di Pasar Apung, kabut asap tidak mengganggu proses jual beli. Para ibu-ibu yang menggunakan perahu kecil mendekati kapal-kapal besar yang membawa para wisatawan.

"Coba dulu mba buahnya. Nggak beli juga gak apa-apa," ujar seorang ibu yang menjual jeruk dan pisang.



Tidak hanya itu, makanan-makanan kecil seperti kue dan opak yang diberi saus gula juga menjadi favorit para pembeli. Para pembeli atau wisatawan juga tidak lupa berfoto-foto di lokasi ini.
Foto: Septiana/detikcom
(spt/fdn)