Rel Bengkok di Manggarai Selesai Diperbaiki, Kereta Siap Berangkat

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 27 Okt 2015 13:20 WIB
Foto: Yulida/detikcom
Jakarta - Petugas berhasil mengevakuasi KRL yang anjlok di Stasiun Manggarai. Rel yang bengkok di bawah gerbong wanita paling belakang juga sudah diperbaiki sehingga bisa digunakan kembali.

Pantauan detikcom di Stasiun Manggarai, Selasa (27/10/2015) pukul 12.25 WIB petugas berhasil mengangkat dua roda kereta yang keluar jalur kembali ke rel. Insiden ini membuat rel bengkok namun sudah diperbaiki.

"Tadi sempat ada (rel) bengkok tapi kita sedang melakukan upaya normaliasi jalur," kata Senior Manager Corporate Komunikasi PT KCJ Bambang Setiyo Prayitno di Stasiun Manggarai, Jaksel.

Kereta masih berada di jalur 3 dan siap untuk diberangkatkan. Beberapa meter dari gerbong yang sempat anjlok masih dilakukan pemeriksaan untuk memastikan rel bisa dilalui dengan aman.

Foto: Yulida/detikcom


PT KCJ akan melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab anjloknya rel kereta di jalur 3 ini.

"Kita evaluasi lagi penyebabnya, nggak cuma satu walaupun cuma satu jalur. Penyebabnya kan banyak, ada wesel, ada relnya. Kita belum tahu, nanti ada data-datanya. Banyak kemungkinan kondisi cuaca panas seperti. Ini bisa terjadi seperti itu (memuai) tapi belum tahu," ujar Bambang. Proses investigasi insiden ini memakan waktu sekitar sebulan.

Insiden kereta anjlok terjadi sekitar pukul 09.35 WIB di jalur 3 Stasiun Manggarai. Karena peristiwa ini, sebagaian perjalanan KRL Bekasi-Jakarta Kota dan sebaliknya dialihkan dengan rute Jatinegara-Pasar Senen-Kp Bandan-Jakarta Kota. Untuk tujuan Bekasi dari Jakarta Kota tetap melalui Stasiun Manggarai.

(slm/nrl)