DetikNews
Selasa 20 Oktober 2015, 18:17 WIB

Saat Booming Akik Berakhir, Pecinta Batu Akik Garis Keras Tak Akan Pergi

Aditya Fajar Indrawan - detikNews
Saat Booming Akik Berakhir, Pecinta Batu Akik Garis Keras Tak Akan Pergi Foto: Aditya Fajar/detikcom
Jakarta - Kolektor dan pecinta batu akik sejati tak akan pergi. Batu akik asli Indonesia akan terus hidup. Batu akik pun masih menyimpan potensi.

"Ya mulai terasa turun peminatnya, paling ya kalau masih senang beli itu yang kolektor-kolektor," jelas Faisal, pedagang batu akik di Rawa Bening, Jaktim, Selasa (20/10/2015).

Faisal yakin para pecinta batu yang asli tetap akan membeli. Dan di Rawa Bening masih ada para pembeli yang tetap datang mencari batu.

"Yang beli ada lah 1-2 orang seminggu, yang pegawai-pegawau kantoran lah," tegas Ridwan pedagang lainnya.

Saat masa berganti, dahulu di masa booming akik bahkan untuk masuk ke area Jakarta Gems Center mesti berdesakan. Sebelum toko buka bahkan orang sudah antre. Namun siang ini pembeli lengang, para penjual juga terlihat duduk bermain HP atau mengobrol dengan rekannya.

"Turun hampir 90% ada, coba tanya ke yang lain pasti sama semua, bahkan bisa jadi ada yang belum dapat pelanggan hari ini. Dulu sebelum booming jual batu stabil tapi kalau sekarang terasa sekali kurangnya," cerita Malik pedagang akik.

Namun sekali lagi, rasa optimistis akan batu akik tetap dipelihara. Apalagi batu akik barang yang habis dan tak bisa diproduksi, kecuali batu masakan.

"Insya Allah masih ada harapan," tutup Malik.
(adit/dra)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed