Rio Capella Tersangka, NasDem: Kami Hormati Proses Hukum

M Iqbal - detikNews
Kamis, 15 Okt 2015 15:03 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella baru saja ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penanganan perkara di Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Agung. Apa tanggapan NasDem?

"Kami menghormati keputusan hukum yang diambil oleh KPK dengan tetap berpegang pada prinsip presumption of innocence sebelum keputusannya menjadi inkrah," ujar Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G Plate di gedung DPR Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Johnny mengaku prihatin atas status tersangka yang dikenakan kepada rekan separtainya itu. Dia berharap proses hukum berjalan secara adil dan dijauhkan dari intervensi dan politisasi terhadap kasus ini.

"Kami mendukung Pak Rio memperjuangkan hak hukumnya dan membuktikan kebenaran materiil dirinya," ucap Johnny.

Sebelumnya, KPK menetapkan Rio Capella sebagai tersangka pengembangan dari penanganan perkara yang diduga dilakukan dalam proses perkara bantuan daerah atau bansos. Rio diduga menerima sejumlah uang terkait perkara di Kejaksaan Tinggi tersebut.

"Penyidik telah menemukan dua alat bukti permulaan yang cukup yang kemudian menetapkan saudara PRC menjadi tersangka selaku anggota DPR," kata Plt Pimpinan KPK Johan Budi di kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta. (bal/tor)