Relawan Sahabat Sandiaga Uno Kumpul di HI, Sebar Pin dan Serukan #AksiSantun

Yulida Medistiara - detikNews
Minggu, 11 Okt 2015 08:05 WIB
Foto: Yulida Medistiara/detikcom
Jakarta - Puluhan relawan Sahabat Sandiaga Uno berkumpul di sekitar Bundaran HI, Jakarta Pusat. Mereka membawa spanduk dan membagikan pin untuk menyerukan #AksiSantun.

Aksi dimulai sekitar pukul 07.00 WIB, Minggu (11/10/2015). Puluhan relawan itu terlihat mengenakan baju serba putih. Beberapa di antara mereka terlihat membawa spanduk bertuliskan 'Santun itu Anti Korupsi' dan 'Santun Itu Stop Bicara Kasar'.

"Ini hanya gerakan moral saja, untuk menyadarkan kembali masyarakat tentang aksi santun. Kita punya contoh, misalnya santun itu antikorupsi. Sebetulnya jiwa santun itu adalah aktualisasi jiwa yang luas, bukan hanya senyum sapa, tapi suka menolong yang saat ini sudah mulai luntur," ujar Koordinator Lapangan #AksiSantun Sahabat Sandiaga Uno, Rezza Artha di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Dalam aksi itu, para relawan juga membagi-bagikan pin dan bendera kecil bertuliskan 'Sahabat Sandiaga Uno' dan bergambar wajah Sandiaga Uno. Saat ditanya, Rezza membantah jika pembagian pin dan bendera itu disebut sebagai strategi politik para relawan.

"Agenda hari ini memasyarakatkan arti santun. Masalah masyarakat mau minta pin itu bukan agenda kita. Kita hanya komunitas saja yang memang sahabat-sahabat beliau di mana beliau suka berkegiatan sosial. Bukan untuk politik atau jabatan tertentu," katanya.

"Kita murni bukan politik, kita untuk masyarakat dulu. Materi yang kita sampaikan yaitu gunakan medsos untuk bicara hal-hal baik, stop bicara kasar dan santun itu antikorupsi," tambahnya.

(jor/dra)