Setelah Moge, Elanto Unggah Video 'Ada Apa di Pos Polisi Jokteng #Jogja Ini?'

ADVERTISEMENT

Setelah Moge, Elanto Unggah Video 'Ada Apa di Pos Polisi Jokteng #Jogja Ini?'

Sukma Indah Permana - detikNews
Senin, 05 Okt 2015 16:14 WIB
Foto: sukma indah
Yogyakarta - Setelah ramai dibicarakan karena aksinya mencegat rombongan moge, nama Elanto Wijoyono kembali ramai dibicarakan di media sosial. Videonya yang berjudul 'Ada Apa di Pos Polisi Jokteng Wetan #Jogja Ini?' diunggah dan mendapat berbagai respon dari nitizen.

Terdapat 3 video yang diunggah Elanto di akun YouTube miliknya. Video pertama berdurasi 4 menit 32 detik, video kedua berdurasi 1 menit 7 detik, dan video terakhir berdurasi 2 menit 6 detik. Ketiganya diambil di lokasi yang sama yakni di perempatan Jalan Brigjen Katamso-Jalan Parangtritis.

Perempatan ini lebih dikenal oleh masyarakat Yogyakarta dengan sebutan perempatan Pojok Beteng Wetan atau Jokteng Wetan.

Pada video pertama, tampak truk yang berhenti tak jauh dari pos polisi Jokteng Wetan. Seorang kernet berkaos hitam turun dari truk dan menuju pos polisi.

Saat kernet tersebut keluar dari pos polisi, Elanto bertanya, "Nyukani pinten (Memberi berapa)?"

Namun kernet tersebut hanya menoleh dan terus kembali ke truknya. Sedangkan Elanto masuk ke dalam pos polisi.

"Nyukani nopo, truk wau? (memberi apa, truk tadi?)" tanya Elanto kepada salah seorang polisi.

Elanto juga sempat meminta untuk melihat isi laci meja sang polisi. Dia juga menanyakan nama polisi tersebut.

Tapi polisi tersebut tak menjawab dan memilih untuk meninggalkan Elanto.

Terdapat polisi lainnya yang sedang membaca koran bertanya kepada Elanto. "Sampeyan dari mana, Mas?"

Elanto menjawab dia adalah warga Yogyakarta dan kembali menanyakan hal yang sama. Tapi sang polisi tetap tak menjawab pertanyaan Elanto.

"Nggak tahu," jawab polisi tersebut.

Sama halnya dengan seorang polisi yang terlihat sedang menelepon seseorang dengan handphonenya. Elanto tak mendapat jawaban apapun soal ada apa antara kernet dan para polisi di sana.



Begitu pula dengan video kedua dan ketiga. Elanto tidak mendapat jawaban dari aparat yang sedang bertugas sore itu. Bahkan Elanto kembali merekam seorang kernet truk lainnya yang hendak masuk ke pos polisi. Namun kernet truk kedua batal masuk pos polisi setelah berbicara singkat dengan seorang ibu yang berdiri di sana.

Kepada detikcom, Elanto bercerita soal video yang diambilnya saat perjalanan pulang dari tempat kerjanya pada Sabtu (3/10) sore tersebut.

"Jalur itu memang yang saya gunakan untuk berangkat dan pulang kerja," kata Elanto saat ditemui di kantornya, di kawasan Jalan Parangtritis, Bantul, Senin (5/10/2015).

Elanto menceritakan, kernet truk atau kernet bus pariwisata yang turun dari kendaraannya dan masuk ke dalam pos polisi tersebut bukanlah hal yang baru. Selama bertahun-tahun Elanto melintas di jalan itu, kejadian seperti itu sudah sering terjadi.

"Sudah bertahun-tahun saya amati. Biasanya bus pariwisata, tapi pas kemarin nggak tahu kok pas truk (yang lewat)," imbuhnya.

Ketiga video tersebut kini ramai diperbincangkan. Hingga berita ini ditulis, video pertama sudah ditonton sebanyak 79.049 kali, video kedua 48.308 kali, dan video ketiga ditonton sebanyak 128.233 kali. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari Polda Yogyakarta. (sip/dra)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT