DetikNews
Jumat 02 Oktober 2015, 18:42 WIB

Menlu: Indonesia Segera Buka Konsul Kehormatan di Ramallah

Yudhistira Amran Saleh - detikNews
Menlu: Indonesia Segera Buka Konsul Kehormatan di Ramallah Foto: Kementerian Luar Negeri
Jakarta - Indonesia menegaskan akan membuka konsul kehormatan (konhor) di Ramallah, Palestina. Hal tersebut menyusul dikibarkannya bendera Palestina di markas besar PBB pada 30 September 2015 lalu.

Pembukaan konhor tersebut sudah mendapat persetujuan dari Palestina. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi pada detikcom, Jumat (2/9/2015).

"Konsul kehormatan ini adalah langkah awal, mudah-mudahan ada langkah selanjutnya. Tapi yang paling cepat dan sekaligus mengirimkan pesan bahwa kita dekat dan bersama dengan Palestina yaitu dalam bentuk konsul kehormatan," ujar Retno.

"Sudah ada calonnya dan kita sudah minta persetujuannya ke mereka. Saya juga sudah minta kepada Menlu Palestina untuk mempercepat prosesnya," lanjutnya.

Pembukaan konhor di Ramallah ini tidak memerlukan persetujuan dari DPR. Karena konhor tidak melakukan kegiatan diplomatik seperti duta besar.

"Diakan (konhor) lebih pada representasi dari suatu negara," ucapnya.

Konhor sendiri bertugas untuk membantu WNI yang terkena masalah serta memberi masukan mengenai kerja sama ekonomi dengan berkoordinasi dengan perwakilan. Konsul tidak mengganti struktur tugas yang sudah ada di negara tersebut.

"Paling cepat akhir tahun (dibuka konhor di Ramallah, Palestina)," tutur Menlu.
(yds/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed