Bawaslu Minta KPU Putuskan Nasib 3 Daerah yang Ditunda Pilkadanya

Ferdinan - detikNews
Rabu, 30 Sep 2015 07:00 WIB
Ketua Bawaslu Muhammad berbatik cokelat (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Ketua Bawaslu Muhammad, meminta KPU segera menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pasangan calon tunggal yang berhak mengikuti Pilkada. Bawaslu meminta KPU membuka pendaftaran kembali pendaftaran di 3 daerah yang sebelumnya diputuskan ditunda pilkadanya pada tahun 2017.

"KPU seharusnya bisa menyesuaikan tahapan berdasar putusan MK. Jadi tahapannya terhadap 3 daerah yang telah diputuskan ditunda agar dibuka kembali pendaftaran," ujar Muhammad saat dikonfirmasi, Rabu (30/9/2015).

Menurut Muhammad, pembukaan pendaftaran untuk memberi kesempatan bagi kandidat calon di tiga daerah yakni Blitar (Jawa Timur), Tasikmalaya (Jawa Barat), dan Timor Tengah Utara (NTT).

"Pendaftaran boleh dibuka melalui revisi PKPU tentang jadwal dan tahapan," sambung dia.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Hadar Nafis Gumay mengaku belum bisa memastikan nasib tiga daerah itu setelah keluarnya keputusan MK. Dia akan terlebih dahulu memastikan waktu mulai keputusan MK itu diberlakukan.

(Baca juga: MK Putuskan Referendum, Bagaimana Kelanjutan Pilkada di 3 Daerah Ini?)

"Saya tidak tahu itu pemberlakuannya kapan. Kalau nanti ada kejelasan, diberlakukannya sekarang, maka kami akan melaksanakan (pilkada)," kata Hadar, Selasa (29/9).

Menurut Hadar nantinya jika hanya ada pasangan calon tunggal, maka dalam pemungutan suara di kertas hanya ada satu foto pasangan.  

Apabila sebagian besar pemilih menyatakan setuju, maka pasangan tunggal itu ditetapkan sebagai kepala daerah terpilih. Namun bila banyak yang tidak setuju, maka pilkada di daerah tersebut ditunda ke periode berikutnya.

(fdn/fdn)