DetikNews
Selasa 22 September 2015, 15:10 WIB

Muncikari Robby Tiba di PN Jaksel, Akankah 3 Artis Cantik Hadir Bersaksi?

Elza Astari Retaduari - detikNews
Muncikari Robby Tiba di PN Jaksel, Akankah 3 Artis Cantik Hadir Bersaksi? Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tiga nama artis yakni Tyas Mirasih, Shinta Bachir, dan Amel Alvi dijadwalkan hadir dalam sidang lanjutan kasus muncikari. Apakah mereka akan datang?

Merujuk pada Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang ditunjukkan pengacara muncikari Robby Abbas, Pieter Ell, nama 3 artis cantik tersebut tertera jelas. Ketiganya menurut Pieter dijadwalkan bersaksi dalam sidang lanjutan kasus Robby atau yang akrab dipanggil Obie.

"Ini lanjutan sidang 2 minggu yang lalu, masih pemeriksaan saksi-saksi dengan saksi 3 dara cantik itu. Enggak ada yang lebih cantik dari mereka. Inisialnya TM, SB, dan AA," ungkap Pieter sebelum sidang dimulai di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jaksel, Selasa (22/9/2015).
Robby hadir di PN Jakarta Selatan (Elza/detikcom)


Sebenarnya ketiga nama tersebut sudah dipanggil sebanyak 2 kali namun para saksi belum memenuhi satu kalipun panggilan. Ini adalah jadwal pemanggilan ketiga dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

"Hari ini agenda menghadirkan saksi, ini sudah panggilan ketiga. Kalau masih mangkir sesuai ketentuan harus ada upaya paksa. Kita tunggu keputusannya seperti apa karena ini kewenangan majelis hakim," kata Pieter.

"Saksi wajib hukumnya untuk hadir, kalau 3 kali tidak datang itu jadi kewenangan majelis hakim. Yang sudah dipanggil, dara-dara cantik itu, datang sajalah," sambungnya

Menurut Pieter, pihaknya masih menunggu bukti-bukti dari tuntutan Jaksa. Untuk itu kehadiran para saksi ini sangat penting dalam kasus Obie. Pasalnya, kata Pieter, hal tersebut menyangkut masalah penjualan manusia.

"JPU harus mampu membuktikan, termasuk barang bukti. Dalam dakwaan ada unsur penjualan orang. Siapa yang dijual dan siapa yang menjual. Gimana membuktikannya? Ini manusia lho, bukan pisang goreng. Makanya kita buktikan," tutur Pieter.

Hingga saat ini sidang belum juga dimulai namun Obie sendiri sudah berada di ruang tunggu tahanan PN Jaksel. Mengenakan kemeja kotak-kotak biru, ia sempat terlihat berbincang sedikit dengan Pieter. Sebelumnya Obie sempat tidak datang ke persidangan karena menderita alergi kulit.

"Dia sudah enggak sakit, sudah sembuh jadi siap melakukan persidangan. Sidang sebelumnya kan Robby alergi, sudah baik tapi sekarang," ucap Pieter.

Hingga berita ini diturunkan, belum terlihat kedatangan artis-artis yang seharusnya diperiksa dalam persidangan. Obie sempat bernyanyi ada banyak anggota dewan yang menyewa jasa artis yang ditawarkannya. Sayangnya sang pengacara masih enggan membuka secara terang identitas anggota dewan yang dimaksud.

"Kan belum sidang dakwaan. Nanti ya. RA belum diperiksa sebagai terdakwa. Kalau sudah diperiksa nanti akan disebutkan. Saya jamin, nanti akan saya sampaikan," tutup Pieter.
(ear/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed