Begini Keindahan Teluk yang Jadi Lokasi Sail Tomini 2015

Herianto Batubara - detikNews
Jumat, 18 Sep 2015 15:09 WIB
Foto: dok. Kabupaten Parigi Moutong
Jakarta - Even internasional Sail Tomini 2015 ada di depan mata. Keindahan alam Teluk Tomini yang menjadi lokasi acara sudah menanti para wisatawan. Ada apa saja di sana?

Sail Tomini 2015 akan digelar di Pantai Pangi, Teluk Tomini, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, 19 September 2015 mendatang. Tema yang diangkat adalah "Mutiara Khatulistiwa Untuk Kehidupan Masa Depan".

Sebagai negeri bahari, Indonesia menyimpan beragam kekayaan laut yang berlimpah. Salah satu kekayaan itu adalah Teluk Tomini, sebuah kawasan indah di Sulawesi Tengah yang posisi geografisnya dilintasi garis khatulistiwa. Dalam pembagian keanekaragaman hayati, kawasan ini berada di zona Wallacea, yang dalam sejarahnya merupakan kawasan terpisah dari Benua Asia maupun Australia.

Teluk Tomini tergolong perairan semi tertutup yang bersinggungan langsung dengan tiga provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Bappeda Sulteng mencatat bahwa teluk ini memiliki luas perairan sekitar 59.500 kilometer persegi, dengan panjang garis pantai sekitar 1.179 km. Dari garis pantai tersebut, sekitar 472 km ada di Parigi Moutong.

Di tengah–tengah Teluk Tomini yang menawan, terdapat 56 rangkaian pulau yang dikenal dengan Kepulauan Togean. Rangkaian Kepulauan Togean membentang sepanjang 90 Km. Teluk Tomini juga memiliki luas terumbu karang hingga 1.031 hektare dan sekitar 785.10 hektare hutan mangrove.

Posisinya yang strategis sebagai heart of coral triangle merupakan salah satu bagian dari kesepakatan di ajang World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiatif (CTI) di Manado, beberapa waktu lalu. Selain itu, ekosistem Teluk Tomini merupakan satu dari 26 kawasan andalan laut nasional, bukan saja sebagai kawasan wisata bahari tetapi juga lumbung pangan nasional.

Ada 210 lebih titik diving di teluk ini, 60 di antaranya berada di Parigi Moutong. Kawasan indah yang didiami suku Bugis-Makassar, Gorontalo, Bajo, Togean, Saluan, Minahasa, Kaili dan Bolangmongondow ini menyimpan kekayaan beragam jenis ikan, mulai dari yellowfin tuna, cakalang, selayar, tongkol, parot fish, whale shark, pari, serta mola-mola. Teluk Tomini yang terletak di Kabupaten Parigi Moutong merupakan zona Khatulistiwa yang berada di garis lurus kutub utara dan kutub selatan. Sebab itulah, wilayah ini memiliki biota laut yang berlimpah dan sangat indah.

"Sail Tomini 2015 akan mempromosikan destinasi pariwisata di wilayah Sulawesi Tengah. Selain akan menghasilkan suatu informasi ke seluruh dunia bahwa Parigi Moutong merupakan salah satu destinasi pariwisata dunia yang patut dikunjungi wisatawan dunia, juga diharapkan dapat mengukuhkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu dalam siaran pers yang diterima, Jumat (18/9/2015).
(tor/tor)