ADVERTISEMENT

Suara Gemuruh di Langit Jakarta, Bandara Halim: Mungkin Suara Pesawat

Salmah Muslimah - detikNews
Jumat, 11 Sep 2015 15:02 WIB
Foto: Elvan Dany Sutrisno
Jakarta - Suara gemuruh terdengar di langit Jakarta pagi tadi. Namun dari mana sumber suara itu masih menjadi misterius.

Suara itu didengar langsung oleh sejumlah warga di sekitar Condet, Jakarta Timur pukul 06.00-07.00 WIB, Jumat (11/9/2015). Condet tak jauh dari Bandara Halim Perdanakusumah. Suara itu terdengar seperti suara pesawat terbang hendak landing namun suaranya berbeda. Saat suara pesawat terbang lewat pun suara itu masih terdengar.

Gemuruh seperti terompet ini terdengar keras selama beberapa detik, kemudian pelan dan keras lagi selama beberapa detik dan siklusnya seperti itu selama sekitar satu jam.

Condet yang lokasinya dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma memang sering dilewati pesawat. Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Dodo Agusprio mengatakan bisa saja suara itu berasal dari pesawat.

"Mungkin suara pesawat, landing atau take off kan itu suranya keras," ucap Dodo saat dihubungi detikcom, Jumat (11/9/2015).

Dodo mengatakan saat peristiwa terjadi di Bandara Halim sedang tidak ada acara dari TNI AU. Di sana hanya ada penerbangan komersil biasa.

"Nggak ada kegiatan apa-apa cuma penerbangan biasa," ucapnya.

Selain pesawat, suara itu bisa saja berasal dari kondisi kawasan di sana.

Sebelumnya, BMKG menyebut kemungkinan suara tersebut berasal dari angin. Namun perlu penerlitian lebih lanjut.

(Baca: Penjelasan BMKG Soal Ramai Suara Gemuruh di Langit Jakata)

Sementara  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)  menduga suara itu berasal dari suara lokal di daerah tersebut. Suara lokal itu suara yang timbul di daerah tertentu, bisa karena angin atau suara peralatan tertentu.


(Baca: Gemuruh Mirip Terompet Terdengar di Langit Jakarta, Ini Penjelasan LAPAN)




(slm/ndr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT