ADVERTISEMENT

Penjelasan BMKG Soal Ramai Suara Gemuruh di Langit Jakata

Salmah Muslimah - detikNews
Jumat, 11 Sep 2015 13:56 WIB
Foto: Langit Jakarta (Evan Dany/detikcom)
Jakarta - Suara gemuruh mirip terompet terdengar di langit Jakarta pagi tadi. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) suara itu mungkin saja berasal dari angin atau benda lainnya.

"Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui suara apa itu. Mungkin saja bisa dari angin di mana gesekan angin yang kencang dan di sekitarnya ada kabel listrik atau telepon maka gesekannya bisa menimbulkan suara," ucap Kepala Sub Bidang Informasi BMKG Hari Tirto saat dihubungi detikcom, Jumat (11/9/2015).

Hari mengatakan bisa saja itu suara yang ada di sekitar lokasi, seperti pesawat lewat. Menurut Hari, secara ilmiah sesuatu yang berbunyi itu adalah zat yang memiliki aliran masa udara seperti angin dan komponennya.

"Bisa kayak resonansi gesekan masa udara. Tapi itu semua harus diteliti lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti," katanya.

Suara itu didengar sejumlah warga sekitar pukul 06.00-07.00 WIB, di wilayah Condet, Jakarta Timur, Jumat (11/9/2015). Saat itu cuaca dalam kondisi cerah berawan.

Suara itu terdengar seperti suara pesawat terbang hendak landing namun suaranya berbeda. Saat suara pesawat terbang lewat pun suara itu masih terdengar. Gemuruh seperti terompet ini terdengar keras selama beberapa detik, kemudian pelan dan keras lagi selama beberapa detik dan siklusnya seperti itu selama sekitar satu jam.

Apa Anda juga mendengar suara seperti di video ini?


(slm/ndr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT