Kisah Mengharukan Icha, Mahasiswi UNY yang Meninggal setelah Wisuda

Sukma Indah Permana - detikNews
Kamis, 10 Sep 2015 16:36 WIB
Foto: Situs UNY
Yogyakarta - Wisuda barangkali merupakan hal paling ditunggu bagi semua mahasiswa. Begitu pula bagi Futicha Sirrulhayati Muna (22), mahasiswi Univesitas Negeri Yogyakarta (UNY). Momen bahagia itu menjadi mengharukan karena Icha, panggilan Futricha, meninggal dunia beberapa jam kemudian.  

Gadis manis yang akrab disapa Icha mengenyam bangku kuliah di Fakultas MIPA UNY selama 4 tahun. Kesehatannya menurun 2 bulan sebelum upacara wisudanya pada Sabtu (29/8/2015).

Dosen pembimbingnya, Evy Yulianti, menceritakan kondisi Icha masih sehat hingga yudisium pada 10 Juli yang lalu. Saat itu, beberapa teman melihat Icha sering tiduran di sela penelitiannya dan mengeluh pusing.

"Saya terakhir ketemu pas yudisium itu, masih terlihat sehat. Saya tanya temannya, Icha kalau di lab sering pusing-pusing dan tiduran," kata Evy saat dihubungi, Kamis (10/9/2015).

Setelah yudisium, kata Evy berdasarkan cerita teman-teman Icha, murid bimbingannya itu beberapa kali masuk rumah sakit. Pertama kali dirawat di sebuah rumah sakit di Muntilan, Icha didiagnosa sakit maag.

"Sempat pulang terus panas. Ke rumah sakit lagi katanya bronkitis. Terus didiagnosa lagi kena syaraf ke-6 dan penglihatannya terganggu," kata Evy.

Tak sempat menyapa langsung saat wisuda, Evy hanya bisa melihat Icha dengan kursi rodanya didorong naik ke panggung podium dari jauh. Itulah terakhir kali dia melihat Icha.

Setelah acara wisuda selesai, Evy sempat mencari Icha tapi keluarga sudah membawanya pulang ke Magelang.

"Saya duduknya jauh. Sepertinya Icha sudah nggak sadar, nggak merespons pas diberi ijazah sama pak Dekan," tuturnya.

Icha yang lahir di Magelang pada 30 Agustus 1993 itu lulus dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,65. Dia berhasil lulus setelah 5 bulan menyelesaikan skripsinya yang berjudul 'Uji Kemampuan Isolat Bakteri Termofilik Asal Kali Gendol Atas Pasca erupsi Merapi dalam Mereduksi Logam Berat Cu (Tembaga)'.

Icha dimakamkan di TPU desa kelahirannya. Ucapan duka mengalir dari berbagai pihak, termasuk dari UNY. Cerita Icha ditulis dan diunggah di situs resmi UNY dengan judul 'Icha yang Ceria Itu Telah Tiada'. (sip/try)