DetikNews
Rabu 09 September 2015, 23:08 WIB

Senangnya Warga Ambon Nonton Bareng Pangdam Pattimura dan Adipati Dolken

Elza Astari Retaduari - detikNews
Senangnya Warga Ambon Nonton Bareng Pangdam Pattimura dan Adipati Dolken Foto: Elza Astari/detikcom
Ambon - Sorot mata bahagia terpancar dari ratusan warga Ambon karena bisa ikut nonton bareng film Jenderal Soedirman. Apalagi sang pemeran utama, Adipati Dolken turut hadir.

Meski hingga hampir tengah malam, warga Ambon yang mendapat kesempatan nonton bareng film Jenderal Soedirman terlihat tetap semangat. Sesekali terdengar warga mengelu-elukan nama pemeran utama film ini, Adipati Dolken.

Adipati memang dihadirkan dalam puncak acara nobar yang digelar oleh Kodam XVI/Pattimura di Ambon Plaza, Rabu (9/9/2015). Sejumlah tokoh penting hadir dalam acara ini seperti Pangdam Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, Wagub Maluku Zeth Sahuburua, dan Kapolda Maluku Brigjen Murad Ismail.

"Seneng sekali beta bisa nonton film ini. Terima kasih bapak-bapak TNI kami bisa liat film gratis. Apalagi ada Adipati, lebih ganteng aslinya," ujar salah seorang pemudi usai film selesai diputar, Maria.

Mayjen Doni yang hadir dalam balutan kemeja batik pun terlihat banyak tersenyum sepanjang acara. Saat film diputar, mantan Danjen Kopassus itu tampak serius mengamati jalannya cerita.

"Iya ini acara nonton bareng dengan warga, tokoh masyarakat, film tentang Jenderal Soedirman," ucap Doni singkat di lokasi yang sama.

Sementara itu Adipati yang banyak diajak foto bareng oleh warga mengaku sangat senang bisa hadir dalam acara nobar meski harus jauh-jauh datang dari Jakarta. Adipati dan sang sutradara film, Viva Westi, sama-sama menyatakan film Jenderal Soedirman bisa tayang berkat bantuan Doni.

"Seneng banget bisa hadir di sini. Terimakasih banyak untuk warga, untuk pak Doni atas dukungannya. Film bisa jadi karena bantuan pak Doni," tukas Adipati sebelum meninggalkan lokasi acara.

Wagub Maluku Zeth Sahuburua yang juga ikut nobar menyatakan sangat kagum dengan sosok Jenderal Soedirman. Ia pun menilai semangat bela negara Soedirman pun juga masih terlihat dari prajurit-prajurit TNI saat ini.

"Saya kira masih ada, semangat yang ada itu harus terus kita kobarkan. Tentara itu kan kekuatan untuk mempertahankan negara. Jenderal Soedirman pejuang yang luar biasa, hebat," kata Zeth dalam kesempatan yang sama.

Berbagai tokoh agama dan tokoh pemuda di Maluku dan Ambon juga hadir dalam nobar ini. Salah satunya adalah Ketua I MUI Maluku, KH Dr Abidin Wakano yang meminta agar generasi muda Indonesia, khususnya di Maluku, dapat meneladani perjuangan dan prestasi Jenderal Soedirman dalam memperjuangkan NKRI.

"Dulu pengorbanan dengan cara angkat senjata, kalau sekarang pengorbanan harus dengan prestasi. Harus giat dalam segala bidang apapun yang ia tekuni, dengan ketulusan, pengorbanan menjadi penting. Dan harus menjadi pemenang dalam kehidupan," terang Abidin.

"Semoga perjuangan di Maluku bisa jadi sumber kesejahteraan. Seperti yang dikatakan pak Pangdam, bukan hanya mengedepankan 4 S, tapi juga nasionalisme dan patriotisme yang kita angkat. Jenderal Soedirman sumber pencerah, saya merinding menontonnya," sambung pengajar IAIN Ambon tersebut.

Acara nobar ini sendiri diadakan Kodam Pattimura selama 2 minggu terakhir. Para prajurit TNI di Ambon pun secara bergiliran datang untuk menontonnya. Termasuk juga para warga, pelajar, dan tokoh daerah.

"Acara sudah 2 minggu termasuk dari teman-teman TNI ikut nonton, dari pelajar. Malam ini puncak acara dihadiri oleh unsur pimpinan daerah, juga ada artisnya. Terakhir hari Sabtu (12/9)," tutup Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Hasyim di lokasi.
(elz/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed