Pesawat Jayawijaya Dirgantara Alami Kerusakan Mesin di Wamena

Wilpret Siagian - detikNews
Rabu, 09 Sep 2015 17:13 WIB
Foto: Wilpret Siagian
Jayapura - Bandara Wamena, Papua, sempat ditutup hari ini. Penyebabnya, pesawat Jayawijaya Dirgantara PK-JBR mengalami kerusakan hidrolik. Tidak korban dalam kejadian ini.

Berdasarkan informasi dari kepolisian, pesawat landing normal pada pukul 07.32 WIT, Rabu (9/9/2015). Saat mengurangi kecepatan, pilot Capt Pius R merasakan ada masalah di mesin sebelah kiri. Kemudian dia menghentikan laju pesawat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Patrige Renwarin menjelaskan Bandara Wamena sempat ditutup untuk memindahkan pesawat dari runway. "Pilot melaporkan ke tower mengalami masalah pada engine sebelah kiri," kata Patrige saat dikonfirmasi.

Sekitar 15 menit kemudian, crash team bandara beserta personel Detasemen TNI AU Wamena dan personel KP3U Bandara Wamena melakukan pengamanan lokasi kejadian. Pada pukul 08.10 WIT, pesawat ditarik ke apron. Selanjutnya, sementara petugas bandara membersihkan runway dari oli yang bocor serta sisa avtur yang tercecer di tengah runway.

Pesawat Jayawijaya Dirgantara berangkat dari Jayapura. Pesawat dengan 3 kru ini bermuatan beras Bulog dan bahan makanan lain.  "Total muatan pada saat kejadian 11.840 kg dan bahan makanan lain," tutup Patrige.  

Belum ada keterangan dari pihak Jayawijaya Dirgantara terkait insiden ini. (try/try)