Daftar Tuntutan Buruh: Naik Upah 22 Persen Hingga Tolak Pekerja Asing

ADVERTISEMENT

Daftar Tuntutan Buruh: Naik Upah 22 Persen Hingga Tolak Pekerja Asing

Rini Friastuti - detikNews
Selasa, 01 Sep 2015 09:42 WIB
Foto: rini friastuti
Jakarta - Aksi buruh yang akan dilaksanakan hari ini mulai berlangsung. Beberapa kelompok buruh pun pagi ini telah berada di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (1/9/2015), massa telah berdatangan sejak pukul 08.30 WIB. Saat ini di seputaran bundaran Patung Kuda yang mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat, ratusan pendemo dari berbagai serikat buruh telah bersiaga sambil membawa bendera dan memegang spanduk.

Aksi buruh kali ini bertemakan #BuruhKepungIstana 1 September 2015, Bersama Aksi Buruh Sejenak Seluruh Indonesia. Organisasi buruh yang saat ini telah datang yakni dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Foto: Rini Friastuti


Dalam aksinya pada hari ini mereka menuntut agar hak para buruh terselamatkan. Dalam spanduk yang mereka bawa tertulis beberapa keinginan mereka, yakni menaikkan upah minimal 22 persen pada tahun 2016 untuk menjaga daya beli dan Komponen Hidup Layak (KHL) sebanyak 84 item.

Tuntutan lainnya adalah pengesahan RUU Pekerja Rumah Tangga, Perbaikan layanan BPJS Kesehatan, turunkan harga sembako dan BBM, Tolak PHK, Tolak pekerja asing, revisi jaminan pensiun, dan berbagai tuntutan lainnya.

Massa sendiri akan melakukan unjuk rasa di beberapa titik, seperti di Patung Kuda dan Bundaran HI. Dari sana, rencananya nanti siang mereka akan melakukan long march ke Istana Negara dan melakukan aksinya di sana. (rni/mad)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT