Ahok Ajak Legislatif Ikut Rapim, Ketua DPRD DKI: Itu Terobosan Baru

ADVERTISEMENT

Ahok Ajak Legislatif Ikut Rapim, Ketua DPRD DKI: Itu Terobosan Baru

Ray Jordan - detikNews
Selasa, 01 Sep 2015 09:35 WIB
Foto: Teresia May
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengajak DPRD DKI untuk ikut dalam rapat pimpinan Pemprov DKI setiap hari Senin. Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menyambut baik ajakan itu.

"Ini terobosan baru, keterbukaan," kata Prasetio saat berbincang dengan detikcom, Senin (31/8/2015) malam.

Namun, lanjut Prasetio, ajakan Ahok ini harus berlaku untuk seluruh pimpinan di DPRD DKI, agar komunikasinya bisa sampai ke setiap anggota.

"Tapi semua pimpinan diajak, jadi biar tahu. Kalau ketua saja, nanti pandangan teman-teman anggota DPRD yang lain curiga. Tapi kalau seluruh pimpinan kan monggo, nggak apa-apa," kata Prasetio.

"Jadi nggak masalah sebenarnya. Biar pimpinan mensosiliasikan kepada teman-teman fraksi dan komisi, biar tahu," tambah politisi PDIP ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana menilai baik ajakan tersebut. Namun menurut dia sebaiknya rapat itu cukup dihadiri internal eksekutif saja.

"Rapim tiap Senin itu adalah Rapim Pemprov maka sebaiknya jajaran pimpinan Pemprov saja pesertanya dengan agenda internal Pemprov. Demikian juga dengan Rapim DPRD yang hadir adalah pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi," ujar Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana saat berbincang dengan detikcom, Senin (31/8).

Pria yang akrab disapa Sani itu menyebut lebih cocok diadakan rapat gabungan antara pimpinan eksekutif dan legislatif. Namun rapat tersebut konteksnya melalui rapat konsultasi atau rapat paripurna.

"Adapun sesekali rapat gabungan antara pimpinan DPRD dan Gubernur/Wagub dimungkinkan melalui mekanisme rapat konsultasi atau melalui mekanisme Rapat Paripurna DPRD sesuai ketentuan UU," terangnya.

"Walaupun saya mendukung rapat konsultasi antara Pimpinan DPRD dan Gubernur/Wagub dipersering agar ada tukar pikiran dan informasi," kata Sani.

Diberitakan sebelumnya, ada anggota DPRD DKI ikut hadir dan melihat jalannya rapim yang dipimpin Ahok bersama jajaran eselon 2 dan 3 hari ini. Dua anggota F-PAN DPRD yang hadir tadi adalah Bambang Kusmanto dan Johan Musyawa.

Ahok menyebut ke depannya mau terus mengajak DPRD ikut rapim bersama agar program eksekutif dan legislatif bisa berjalan beriringan. "Nanti setiap rapim akan kita ajak karena pemerintahan kan tidak hanya dijalankan oleh eksekutif, tetapi juga legislatif," kata Ahok, hari ini.

(jor/faj)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT