Beda Dengan Surabaya, Pacitan dan Samarinda Siap Ikut Pilkada Serentak

Septiana Ledysia - detikNews
Minggu, 30 Agu 2015 19:02 WIB
Dok. Hadar Nafis Gumay/berbatik (Adhi Wicaksono: CNN Indonesia)
Jakarta - Batas waktu penetapan pasangan calon Pilkada Serentak di Surabaya, Pacitan dan Samarinda berakhir hari ini. Berbeda dengan Surabaya, Pacitan dan Samarinda sudah memiliki dua calon dan siap ikut Pilkada.

"Hari ini merupakan batas akhir penetapan calon Pilkada dari Pacitan, Surabaya dan Samarinda. Setelah diperiksa dokumen persyaratan bahwa pasangan calon sekurang-kurangnya dua telah memenuhi syarat. Kedua kota itu ialah Samarinda dan Pacitan," terang Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Minggu (30/8/2015).

Hada mengungkapkan, pasangan yang terdaftar di kota Samarinda ialah Syaharie Jaang-Nusyirwan Ismail yang didukung Demokrat, Nasdem dan PKS dan Mudiyat Noor dan Iswandi yang didukung PDIP dan Hanura.

Sedangkan untuk kota Pacitan yaitu Bambang-Sri Retno yang didukung PDIP dan Hanura akan melawan Indartato-Yudi Sumbogo yang didukung Demokrat.

"Sedangkan Surabaya masih ada satu calon yang terdaftar yaitu Tri Rismaharini dan Sakti. Karena Rasiyo-Dhimam Abror tidak diterima pendaftarannya," terang Hadar.

Hadar menambahkan, dikarenakan belum lengkapnya calon, KPU kota Surabaya akan memperpanjang waktu pendaftaran.

"Kapannya? Menjadi wewenang kota Surabaya kami rekomendasikan hari ini menetapkan dilakukan penundaan tiga hari untuk persiapan sosialisasi, setelah tiga hari baru lakukan pendaftaran kembali. Jangan terlalu lama karena tertinggal dengan daerah lainnya," ujar Hadar. (spt/fdn)