DetikNews
Sabtu 29 Agustus 2015, 22:47 WIB

Warga Mampang Bernostalgia dengan Layar Tancap untuk Peringati 17-an

rni - detikNews
Warga Mampang Bernostalgia dengan Layar Tancap untuk Peringati 17-an Foto: Rini Friastuti
Jakarta - Perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus rupanya masih dilakukan oleh sebagian warga Jakarta. Warga RT 12 RW 05 Kecamatan Pancoran, Kelurahan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan misalnya, mereka memasang layar tancap sebagai hiburan warga yang masih merasakan suasana 17-an.

Detikcom pada Sabtu (29/8/2015) malam sekitar pukul 21.30 WIB, sempat menyaksikan pemutaran layar tancap yang dilakukan oleh warga Mampang tersebut. Heri (40) yang menjadi panitia 17 Agustus di RT tersebut mengatakan bahwa layar tancap merupakan inisiatif panitia dan warga yang ingin merayakan hari kemerdekaan dengan acara yang berbeda dari biasanya.

"Inisiatif panitia dan warga sih, kita ingin ada hiburan yang menarik perhatian warga dan bisa jadi ajang berkumpul juga. Makanya kita usul adakan layar tancap.

Layar tancap versi warga RT 12 Mampang sebenarnya sederhana. Mereka sengaja membeli CD film komedi lawas seperti Warkop DKI hingga raja komedi Indonesia, Benyamin S, lalu memutar film tersebut di CD player dan diperbesar menggunakan proyektor dan layar ala bioskop dadakan.

Dengan cara tersebut terbukti menarik minat para warga, khususnya anak-anak dan para ABG. Beralaskan tikar plastik seadanya, layat tancap yang diadakan di sebuah lapangan kecil di pinggir kali sukses dihadiri puluhan warga.

Gelak tawa para anak-anak pun terdengar, tatkala film komedi lawas yang berjudul Biang Kerok diputar. Aksi kocak komedian mendiang Benyamin S sukses membuat para penonton tertawa geli.

"Sebenarnya minggu lalu kita sudah bikin acara 17-an dengan berbagai macam lomba. Cuma karena dana panitia masih bersisa, kita akhirnya berpikir, kenapa kita nggak bikin acara layar tancep aja? sekalian mengenang acara hiburan zaman dulu," kata Heri.
(rni/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed