ADVERTISEMENT

Kampung Pulo Bakal Diubah Jadi Kawasan Wisata Air, Seperti Apa?

Taufan Noor Ismailian - detikNews
Minggu, 23 Agu 2015 13:42 WIB
Ciliwung di Istiqlal setelah direvitalisasi/Foto: Taufan Noor
Jakarta - Cerita Kampung Pulo yang menjadi langganan banjir tak lama lagi tinggal kenangan. Nantinya Kali Ciliwung akan dilebarkan dan diperdalam sehingga banjir bisa ditampung. Tak hanya itu, kawasan Kampung Pulo juga jadi tempat wisata air.

"Kalau nanti kali sudah bagus, bisa jadi wisata air. Menurut kontraktornya, Desember sudah selesai," ujar Kasapol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi di Kampung Pulo, Minggu (23/8/2015).

Ciliwung hanya 1,5 meter di Kp Pulo/Taufan Noor


Pemprov DKI juga akan membangun jalan inspeksi di pinggi kali. Jalan-jalan tersebut akan ditanami  pohon-pohon untuk memperindah.

"Sore nanti pihak PU sudah masuk kerjakan proyek ini. Sudah ada kontraktornya, bahan sudah siap. Langsung dikerjakan. Ini dikerjakan, kemudian (sungai) diperlebar," jelasnya.

"Pinggir kali kita buat jalan inspeksi. Selain mengurai banjir, orang juga bisa lewat sini. Akan ditanami pohon, dan jadi indah," tambahnya.

Kali Ciliwung memiliki panjang 120 km. Beberapa bagiannya menyempit, bahkan di Kampung Pulo yang dihuni 3 generasi lebarnya hanya sekitar 1,5 meter. Sebagian Ciliwung saat ini telah dibebaskan dari hunian sehingga bisa diperlebar dan diperdalam. (fan/nrl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT