ADVERTISEMENT

Pansel Akan Gelar Wawancara Tahap Akhir Capim KPK 24-26 Agustus

Dhani Irawan - detikNews
Minggu, 23 Agu 2015 05:50 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Panitia seleksi calon pimpinan (pansel capim) KPK hampir rampung menunaikan tugasnya. Sembilan belas calon pimpinan KPK akan menghadapi wawancara tahap akhir yang diadakan selama 3 hari.

Juru bicara pansel capim KPK Betty Alisjahbana mengatakan proses seleksi itu akan berlangsung mulai Senin (24/8/2015) sampai Rabu (26/8/2015). Proses seleksi itu akan berupa wawancara.

"Diselenggarakan pada hari Senin-Rabu, 24-26 Agustus 2015 pada pukul 08.00 WIB sampai 17.15 WIB," ucap Betty ketika dikonfirmasi, Minggu (23/8/2015).

Proses wawancara itu akan diadakan di Ruang Serba Guna, lantai dasar, Gedung 3 Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Veteran nomor 18, Jakarta Pusat. Proses wawancara akan digelar terbuka.

"Media dan pengamat dipersilakan hadir," ujar Betty.

Menjelang masa-masa akhir proses seleksi capim KPK, berbagai penelusuran rekam jejak masih menunjukkan hal-hal mencurigakan. Sebut saja ketika Indonesia Corruption Watch (ICW) bertemu Pansel pimpinan KPK Jumat (21/8) malam kemarin. Ada 10 calon yang diindikasikan memiliki catatan negatif yang disampaikan Koordinator Investigasi ICW Febri Hendri.

"Dari 19 kandidat sebanyak 10 orang dinilai memiliki catatan negatif. Total temuan ada 23 yang terbagi ke dalam aspek integritas, kualitas, dan administrasi," kata Febri saat itu.

Tak hanya itu, Ketua Pansel Destry Damayanti pun menyebut ada 2 orang yang memiliki rekam jejak mencurigakan. Meskipun begitu Destry tak mau langsung menghakimi dan akan mengkonfirmasi lebih lanjut.

"Memang kami mendapatkan laporan dari PPATK ada dua orang yang transaksinya mencurigakan," ujar Ketua Pansel KPK Destry Damayanti, Jumat (21/8/2015) lalu.

Transaksi mencurigakan berupa pemasukan uang lebih dari Rp 500 juta dalam sekali transaksi, belum tentu terkait dengan pidana.

"Oleh karena itu kami terus melakukan penelusuran. Mengkonfirmasi terkait dua kandidat ini," ujar Destry.

Pansel KPK telah mengumumkan 19 nama capim yang lolos ke tahap berikutnya. Kemudian dari 19 nama itu akan dikerucutkan menjadi 8 nama. Kemudian delapan nama tersebut akan dikirimkan Presiden Jokowi ke DPR. (dhn/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT