DetikNews
Jumat 21 Agustus 2015, 10:49 WIB

Tuhan Sempat Diberi Saran Ganti Nama, Namun Menolak

Putri Akmal - detikNews
Tuhan Sempat Diberi Saran Ganti Nama, Namun Menolak Putri/detikcom
Banyuwangi -

Meski Tuhan (42) warga Desa Kluncing, Banyuwangi, tak merasa aneh dengan nama pemberian orangtuanya, namun kawan-kawannya sempat memberi nama Ali sebagai nama depannya. Namun saran mengganti nama tersebut diurungkan karena dinilai akan berujung pada kendala kepengurusan administrasi yang panjang. Tuhan memilih tetap enjoy dengan nama pemberian orang tuanya tersebut.

Istri Tuhan, Husnul Hotimah (37), menceritakan bahwa sekitar tahun 2000-an saat akan merantau ke Bali, teman-teman suaminya sempat memberi saran supaya namanya diganti menjadi nama Ali Tuhan. Hal itu dilakukan supaya ketika merantau nanti, tak ada kesan aneh jika ada orang yang mempertanyakan namanya. Namun saran itu segera diurungkan, karena ia merasa ribet jika harus mengganti nama dari semua surat penting yang telah dimilikinya.

"Dulu sempat teman-temannya itu bilang supaya ditambahi Ali jadi Ali Tuhan. Tapi kan susah harus ganti semua. Wong buku nikah, KK semua namanya ya Tuhan. Mau gimana lagi, ya ndak jadi diganti," ujar Husnul ketika berbincang dengan detikcom di rumahnya, Jumat (21/8/2015).

Senada dengan Husnul, tiga kakak perempuan Tuhan seperti Juni, Aisyah dan Halifah juga tak pernah menginginkan jika nama pemberian mendiang orang tua pada adiknya diganti. Nama unik itu akan selalu menjadi kenangan tak ternilai yang harus dijaga hingga akhir hayat, apalagi nama itu sudah diberikan sejak Tuhan lahir.

"Gak ada keinginan mengganti nama, apalagi wes diselameti (sudah dilakukan syukuran atau pemberkatan)," kata Halifah.

"Nama adik saya antik, Tuhan. Ya itu sudah namanya, tidak perlu diganti-ganti. Nama pemberian orang tua kok," celetuk Juni.


(try/ndr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed