Ketua MA Minta Seluruh Pengadilan Lakukan Inovasi Demi Palayanan Publik

Rivki - detikNews
Rabu, 19 Agu 2015 12:18 WIB
Foto: Rivki
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) merayakan HUT ke-70 dengan menggelar kompetisi inovasi pelayanan publik peradilan 2015. Kompetisi yang diikuti 789 pengadilan tingkat pertama ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik.

Ketua MA, Hatta Ali, mengajak seluruh ketua pengadilan negeri supaya terus melakukan inovasi. "Kami mau menemukan lagi teori-teori mungkin yang bisa lebih cepat dalam penyelesaian perkara, termasuk penyelesaian minutasi-minutasi putusan," ujar Hatta Ali, di Gedung MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Hatta Ali mengatakan MA akan memilih 10 dari 789 pengadilan yang paling inovatif dan memberi reward. Reward kepada pemenang 3 besar akan diberikan studi ke luar negeri. "Kepada 3 besar, ketua pengadilannya akan diberikan studi banding ke luar negeri untuk memoles inovasinya," ujarnya.

Di hari jadi MA ini, Hatta juga menegaskan pentingnya peradilan yang cepat, sederhana, transparan dan irit biaya. Hatta Ali meminta agar di usia ke-70 supaya para ketua pengadilan memahami maksud dari peradilan yang cepat, sederhana dan transparan.


(rvk/aan)