Melihat Sunan Kalijaga, Apakah Benar Semedi di Kali dan Jaga Tongkat Seperti di Film?

ADVERTISEMENT

Melihat Sunan Kalijaga, Apakah Benar Semedi di Kali dan Jaga Tongkat Seperti di Film?

Indra Subagja - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2015 16:57 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Anda tahu film Wali Songo tentang kisah 9 wali? Ada satu adegan yang menarik di film itu. Tak lain tentang Sunan Kalijaga. Di film itu, dikisahkan kalau Sunan Kalijaga bertapa menjaga tongkat di pinggir kali hingga akhirnya diberi nama Kalijaga.

Banyak orang Indonesia yang kemudian meyakini kalau nama Kalijaga diambil karena bersemedi di pinggir kali, berjaga.

Tapi menurut Guru Besar UI Prof Agus Aris Munandar dari Fakultas Ilmu Budaya, banyak tafsiran dari cerita Sunan Kalijaga. Sosok Sunan Kalijaga amat terkenal sebagai penyebar islam di kalangan masyarakat Jawa, bahkan gambar-gambar yang diidentikan dengan dirinya kerap dipasang.

"Nama mudanya Lokajaya, setelah masuk islam menjadi murid Sunan Bonang bernama Raden Mas Said," jelas Agus, Sabtu (15/8/2015).

Menurut dia, benar bahwa Raden Mas Said diberi julukan Kali Jaga, yang artinya dia menjaga aliran kehidupan Islam. "Bukan menjaga kali atau jadi mantri pengairan," tambah Agus.

Atau ada juga yang menyebut Kali Jaga berarti yang menjaga kalimah syahadat. Namun dari berbagai tafsir yang ada, bahwa Kalijaga semasa hidupnya semedi di pinggir kali dan menjaga kali amat lemah.

"Jika benar bertapa di pinggir kali harusnya disebut jagakali sebagaimana jagasatru, jagabhaya dan seterusnya. Jadi bertapa di pinggir kali agaknya tafsir itu lemah, hanya terlanjur dikenal luas saja," urainya.

Lalu siapa sosok Sunan Kalijaga ini asal usulnya? "Ada yang bilang dari Arab, China, dan asli Jawa. Sarjana banyak yang setuju asli Jawa dan putra Bupati Tuban," tutup dia.

Bagaimana menurut Anda yang sudah menonton film wali songo? (dra/dra)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT