Pilkada Serentak

Hari Ini Pendaftaran Terakhir, Masih Ada 6 Pasangan Calon yang Tunggal

M Iqbal - detikNews
Selasa, 11 Agu 2015 09:23 WIB
Foto: Andhika Akbaransyah
Jakarta - KPU memberikan perpanjangan waktu pendaftaran untuk 7 daerah dalam Pilkada 2015 yang pasangan calonnya tunggal atau tak ada pesaing yang mendaftar. Hari ini adalah batas akhir untuk partai politik mendaftarkan calonnya di 6 daerah tersisa yang pasangan calonnya masih tunggal.

Sebanyak 7 daerah yang dalam Pilkada pasangan calonnya hanya satu yaitu Kota Surabaya (Jatim), Kabupaten Tasikmalaya (Jabar), Kabupaten Blitar (Jatim), Kota Mataram (NTT), Kota Samarinda (Kaltim), Kabupaten Timur Tengah Utara (NTT), Kabupaten Pacitan (Jatim).

Pada Senin (10/8) kemarin, di Kabupaten Pacitan ada pasangan calon yang mendaftar pada last minute yaitu Bambang Susanto S.Pdi, SE, MM dan Hj Retno Dhewanti Amd yang diusung PDIP dan Hanura. Dengan begitu, tinggal 6 daerah yang pasangan calonnya tunggal.

Dari 6 daerah itu, Kota Surabaya yang dipastikan ada pasangan calon yang mendaftar hari ini, yaitu Rashio-Dimam Abror yang bakal diusung PAN dan Demokrat. Pasangan itu bersiap menyaingi Risma-Whisnu yang diusung PDIP.

"Kalau besok (hari ini -red), ternyata hari terahir tidak ada juga pasangan calon yang mendaftar, maka daerah tersebut akan dinyatakan oleh KPU setempat untuk ditunda pemilihannya ke Pilkada serentak selanjutnya Februari 2017," ucap komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Senin (10/8) kemarin.

KPU memberikan batas terakhir hari ini pukul 16.00 WIB setelah dibuka pada Minggu (9/8) lalu. Diharapkan parpol bisa mengajukan pasangan calon untuk daerah yang pasangan calonnya tunggal. Konsekuensinya, jika Pilkada ditunda karena calon tunggal, maka dua tahun di daerah itu dipimpin pelaksana tugas (Plt). (bal/dra)