Pilkada Serentak

KPU: PDIP dan Hanura Daftarkan Pasangan Calon di Pacitan Sore Tadi

M Iqbal - detikNews
Senin, 10 Agu 2015 18:40 WIB
Foto: Hadar Nafis Gumay
Jakarta - KPU mengoreksi informasi yang disampaikan dalam jumpa pers pukul 17.25 WIB, soal belum ada satupun pasangan calon yang daftar di 7 daerah yang pasangan calonnya tunggal. Rupanya, untuk Kabupaten Pacitan ada satu pasangan calon yang mendaftar.

"Semula tadi saya kabarkan di Pacitan disepakati (pendaftaran) ditunda besok, akhirnya mereka meneruskan (pendaftaran -red)," kata komisioner KPU Hadar Nafis Gumay dalam jumpa pers kedua pukul 18.15 WIB di media center KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, Senin (10/8/2015).

Dalam keterangan sebelumnya, Hadar menyebut memang ada rombongan parpol yang akan mendaftarkan pasangan calon di KPU Pacitan, namun calon wakil bupati belum hadir sehingga diputuskan ditunda pendaftarannya di hari terakhir Selasa (11/8) besok.

Tapi ternyata calon wakil bupati dan parpol yang akan mengusungnya ditunggu di KPU Pacitan dan akhirnya mendaftar sore tadi. "Setelah diperiksa dokumen pencalonan dan dokumen lainnya, ternyata memenuhi syarat diterima pendaftarannya," ujar Hadar.

"Jadi mereka itu LO-nya (tim penghubung -red) sudah datang, kemudian sudahh registrasi sebelum pukul 16.00 WIB," imbuhnya.

Pasangan calon yang mendaftar untuk menghadapi calon tunggal itu adalah Drs Bambang Susanto S.Pdi, SE, MM dan Hj Retno Dhewanti Amd. Keduanya diusung oleh PDIP dan Hanura.

Selanjutnya, pasangan calon yang baru mendaftar itu akan diperiksa seluruh dokumen persyaratannya oleh KPU Pacitan termasuk dilakukan pemeriksaan kesehatan, untuk diputuskan hasilnya tanggal 24 Agustus dalam penetapan pasangan calon.

"Jadi jadwal mereka yang 7 daerah ini kalau tidak salah 30 Agustus akan ditetapkan, (daerah) yang lain normal tanggal 24 Agustus," ucap Hadar.

Dengan diterimanya pasangan calon baru di Kabupaten Pacitan, maka tersisa 6 daerah yang pasangan calonnya masih tunggal dan terancam ditunda Pilkadanya ke 2017. Batas terakhir pendaftaran itu Selasa (11/8) besok.

Berikut 6 daerah yang calonnya masih tunggal dan diperpanjang pendaftarannya 9-11 Agustus.

1. Kabupaten Tasikmalaya diĀ  Jawa Barat.
2. Kabupaten Blitar di Jawa Timur.
3. Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat.
4. Kota Samarinda di Kalimantan Timur.
5. Kabupaten Timor Tengah Utara. di Nusa Tenggara Timur.
6. Kota Surabaya, Jawa Timur.

(bal/rvk)